Belajar dari Kompetisi Global Para Mekanik UD Trucks

Kompas.com - 24/11/2014, 12:00 WIB
Para mekanik dari tim United Tractors Indonesia sedang memeriksa mesin truk produksi UD dalam kompetisi internasional Gemba Challenge di Ageo, Jepang, 18 November 2014. Egi/Kompas.comPara mekanik dari tim United Tractors Indonesia sedang memeriksa mesin truk produksi UD dalam kompetisi internasional Gemba Challenge di Ageo, Jepang, 18 November 2014.
|
EditorAzwar Ferdian
Ageo, KompasOtomotif - Dalam bisnis jasa, kepuasan pelanggan adalah segalanya. Kesadaran itu pulalah yang diemban UD Trucks Corporation, perusahaan otomotif yang memproduksi dan menjual berbagai macam jenis truk dan bus. Selain menjaga kualitas produknya, perusahaan yang berbasis di Jepang itu juga berupaya meningkatkan layanan purna jual secara maksimal.

Dalam rangka memperbaiki layanan purna jual yang disadari belum ditangani secara memadai, UD Trucks tahun ini menyelenggarakan sebuah kompetisi global khusus untuk para mekanik, yang disebut Gemba Challenge. Gemba dari kata bahasa Jepang yang berarti lapangan, persoalan nyata di lapangan. Maka Gemba Challenge dalam konteks kompetisi ini berarti tantangan lapangan yang nyata dihadap truk-truk produksi UD.

Pihak UD Trucks Corporation menyadari, sebagaimana diakui Vice President Aftermarket, Johan Mellstrom, bahwa layanan purna jualnya masih sederhana atau mengikuti cara-cara lama.

"Saya lumayan terkejut saat baru tiba di Jepang, truk-truk UD sangat canggih tetapi layanan purna jualnya masih sangat basic. UD tidak punya layananya purna jual canggih. Di sini (Jepang) lebih pada perbaikan semata. Tidak ada sistem yang canggih, yang ada hanya perbaikan lalu shake hand," kata Mellstrom di Jepang pekan lalu.

Dia membandingkan kondisi itu dengan Volvo, perusahaan induk UD Trucks. UD Trucks yang sebelumnya dikenal sebagai Nissan Diesel telah sepenuhnya dibeli Volvo tahun 2007 dan namanya diganti menjadi UD Trucks tahun 2010.

Kompetisi untuk para mekanik UD Trucks yang acara finalnya diselenggarakan di Ageo, di luar Toyko, pada 18 November 2014 diikuti oleh sembilan tim yang berasal dari berbagai negara. Jepang diwakili tiga tim, Afrika Selatan dan Indonesia masing-masing dua tim, Malaysia dan Pakistan masing-masing satu tim. Satu tim mekanik dari Afrika Selatan akhirnya keluar sebagai juara pertama dan dua tim mekanik asal Jepang menduduki posisi kedua dan ketiga.

Sembilan tim yang berkompetisi di final itu merupakan tim-tim terbaik dari 186 tim yang sebelumnya berkompetisi di tingkat lokal. Ini pertama kalinya UD Trucks mengadakan sebuah tantangan bagi para mekaniknya. Kompetisi tersebut dimulai pada Juni tahun ini dengan dua babak teori yang dilakukan secara online. Sebanyak 750 partisipan yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Afrika Selatan, sejumlah negara Asia Selatan dan Jepang dibagi menjadi 186 tim.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.