Tantangan Tahun Depan untuk Astra Honda Motor

Kompas.com - 19/11/2014, 09:40 WIB
Skutik jadi model terlaris Honda. AHMSkutik jadi model terlaris Honda.
|
EditorAzwar Ferdian

Bogor, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) menghadapi banyak tantangan menyongsong 2015. Iklim persaingan yang semakin ketat, ditambah kenaikan harga BBM, suku bunga bank yang diprediksi naik, hingga pengetatan moneter, membuat pemegang merek sepeda motor Honda itu harus menyiapkan langkah antisipatif.

Direktur HR, GA, IT & SI AHM, Markus Budi, dalam Wokrshop Wartawan Industri dan Otomotif yang digelar PT Astra International di Bogor (18/11/2014), menyatakan bahwa tahun depan akan sangat berat dan menantang meski masih tetap menjanjikan.

”Pasar akan stagnan. Itulah kenapa target kami tahun depan kurang lebih dengan tahun ini, mencapai 4,9-5 juta unit sepeda motor Honda yang terjual. Kami juga masih punya satu model lagi di akhir tahun ini untuk kembali menggairahkan pasar,” terang Markus.

Dikatakan, tantangan tahun depan berhubungan dengan pembelian dengan skema kredit. Markus menyatakan bahwa pembelian otomotif, khususnya sepeda motor, didominasi sistem kredit.

”Jika pengetatan moneter dilanjutkan, terutama yang ada kaitannya dengan DP (uang muka), akan cukup sulit. Jika dilonggarkan berarti sama juga mendukung perekonomian,” kata Markus.

Kenaikan harga bahan bakar dikatakan memukul indusri sesaat. Komitmen pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur dikatakan bakal mendukung sektor otomotif. Namun kenaikan ini akan mengerek pula harga bahan baku dan upah tenaga kerja. Tren nilai tukar rupiah yang melemah juga bisa menjadi tantangan tersendiri.

Hingga Oktober tahun ini, AHM sudah menjual sepeda motor sebanyak 4.250.429 unit dengan pertumbuhan 8,1 persen. Angka pertumbuhan ini berada di atas pertumbuhan pasar sepeda motor nasional 3,4 persen dengan total penjualan 6.728.484 unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.