Industri Otomotif Tetap Jadi Tulang Punggung Astra

Kompas.com - 18/11/2014, 13:35 WIB
Suasana di booth Daihatsu di IIMS 2014 Febri ArdaniSuasana di booth Daihatsu di IIMS 2014
|
EditorAris F. Harvenda

Bogor, KompasOtomotif — Dari banyak aktivitas bisnis yang dijalankan PT Astra International, sektor otomotif tetap menjadi tulang punggung. Selama Januari hingga September 2014, sektor ini memberikan laba bersih Rp 5,8 triliun, atau 40,6 persen dari total laba bersih yang mencapai Rp 14,4 triliun.

Sumbangan itu diberikan oleh anak perusahaan bidang otomotif yang membawahi merek-merek seperti Toyota, Daihatsu, Honda (sepeda motor), Isuzu, UD Trucks, dan Peugeot. Tak ketinggalan, PT Astra Otoparts yang menyuplai sebagian besar komponen otomotif nasional juga berkontribusi cukup besar.

Jika dilihat dari data yang dibeberkan PT Astra International dalam Workshop Wartawan Industri dan Otomotif di Bogor, Selasa (18/11/2014), sebenarnya kontribusi tersebut berkurang cukup tajam dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pada Januari-September 2013, laba bersih sumbangan dari sektor otomotif lebih besar, mencapai Rp 6,8 triliun, dari laba bersih saat itu Rp 13,4 triliun. Atau, jika dihitung persentase, kontribusinya mencapai 51,1 persen.

”Kinerja Grup Astra secara umum cukup memuaskan, meski dihadapkan pada tantangan kompetisi ketat pada bisnis kendaraan roda empat dan penurunan harga batubara. Kami memperkirakan kinerja perusahaan tidak akan banyak berubah hingga akhir tahun,” pesan Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International, dalam siaran resmi.

Aktivitas bisnis Astra terbagi dalam enam lini bisnis, yaitu otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis, infrastruktur, logistik dan lainnya, serta teknologi informasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.