Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ball Joint" Bermasalah, Camry Kena Recall

Kompas.com - 13/11/2014, 14:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Toyota Motor Corporation mengumumkan recall terhadap sekitar 361.800 kendaraan di seluruh dunia, termasuk sedan Camry. Seperti dilansir Reuters (12/11/2014), sebagian besar menimpa produk yang tersebar di Jepang dan Eropa.

Dari jumlah tersebut, Toyota membaginya menjadi tiga bagian dengan kasus yang berbeda. 170.000 unit Camry, termasuk 120.000 di Eropa dan Amerika, produksi antara Maret 2011 hingga Agustus 2014, harus ditarik karena masalah ball joint pada sistem kaki-kaki.

Dijelaskan, komponen ini terindikasi rusak selama pengapalan. Efeknya, berpotensi menyebabkan pengemudi kehilangan kendali kendaraan. Toyota akan mengganti ball joint dengan yang baru jika diperlukan.

Selain Camry, Toyota juga menarik sekitar 105.800 unit kendaraan. Pertama adalah Hiace yang kebanyakan diproduksi di Jepang karena masalah pipa bahan bakar. Selain itu, 86.000 unit Crown dan Crown Majesta juga di-recall karena masalah sabuk keselamatan.

Tidak dijelaskan biaya yang harus dikeluarkan Toyota karena masalah ini. Namun, produsen mobil terbesar di dunia itu melaporkan tidak ada laporan tabrakan atau cedera karena masalah-masalah tersebut di atas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com