Kompas.com - 11/11/2014, 14:17 WIB
Ilustrasi Ilustrasi
|
EditorAris F. Harvenda

London, KompasOtomotif - Bagi Anda yang punya kebiasaan buruk merokok sambil mengemudi, baiknya hindari kebiasaan tersebut setidaknya di Inggris. Pasalnya, pemerintah setempat segera memberlakukan peraturan baru larangan merokok sambil mengemudi jika ada anak-anak di dalam mobil. Regulasi ini masih dalam tahap finalisasi dan ditargetkan berlaku efektif mulai Oktober 2015.

"Smoking in cars with children present will soon be illegal in the United Kingdom". Begitulah kira-kira larangan yang berlaku bukan hanya untuk orang tua, tetapi bagi siapa saja yang mengangkut atau berkendara bersama anak-anak di dalam satu mobil yang sama.

Bagi yang melanggar, bakal didenda hingga 800 pound (Rp 15,4 juta). Denda lebih berat bahkan diberikan bagi supir yang membiarkan penumpangnya merokok dengan anak-anak di satu mobil, mencapai 10.000 pound (Rp 193,3 juta).

Regulasi ini dibuat di bawah pengawasan lembaga Children and Families Act, berlaku bagi siapa saja yang merokok di dalam mobil dengan anak berusia 18 tahun ke bawah.

"Kami ingin melindungi anak-anak dari penyakit akibat menjadi perokok pasif dan pemerintah akan segera memperkenalkan regulasi ini untuk mengakhiri kebiasaan buruk merokok di dalam mobil bersama anak-anak di Inggris," jelas Jane Ellison, Menteri Kesehatan Publik Inggris, dilansir DailyMail (9/11/2014).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.