Tren SUV untuk "Blusukan" Para Bos

Kompas.com - 11/11/2014, 09:00 WIB
Salah satu anggota ID42NER berpose di Toyota Fortuner Diesel 4X4. ID42NER Salah satu anggota ID42NER berpose di Toyota Fortuner Diesel 4X4.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotifSport Utility Vehicle (SUV) sebagai alternatif kendaraan ”dua alam” semakin naik daun. Peminatnya pun melebar, mulai dari pengguna yang menginginkan tongkrongan gagah di perkotaan, hingga para bos perkebunan atau pertambangan untuk dipakai sebagai kendaraan keluarga sekaligus blusukan.

Segmen terakhir inilah yang mulai dibidik para produsen. Tipe tertinggi pun digelontor berbagai merek untuk mengakomodasi keinginan akan mobil multifungsi. Salah satu yang merespons dengan kebutuhan ini adalah PT Toyota Astra Motor (TAM) yang belum lama ini mengenalkan Fortuner G 4X4 VNT Diesel A/T.

Inilah versi serbabisa sekaligus mewah dari kendaraan berpenggerak empat roda yang dimiliki Toyota selain Fortuner tipe V 2.7L 4X4 A/T (bensin). Harapannya, kedua varian tersebut (bensin dan diesel) mampu diajak blusukan di medan berat dengan membawa unsur kenyamanan sekaligus kemewahan.

Direktur Pemasaran TAM Rahmat Samulo saat peluncuran Agustus 2014 silam mengatakan, tipe terbaru itu cocok untuk kalangan private customer yang suka kendaraan 4X4. Termasuk konsumen fleet atau bos perkebunan dan pertambangan di daerah yang membutuhkan kendaraan bertenaga.

Kemampuan
Bekal untuk membidik segmen tersebut jelas harus cukup. Soal kemampuan, versi 4X4 seharusnya punya tenaga dan torsi sangat besar, bahkan diajak jalan di kecepatan rendah. Toyota mengklaim Fortuner baru bisa melintas pada jalan dengan kondisi kemiringan 30 derajat, dan mesin tidak meraung tinggi saat menanjak.

Transmisi otomatis dengan sistem gerak 4X4 full time, membuat semua roda akan selalu berputar. Pilihannya hanya ada dua perpindahan, ”4WD High” atau ”4WD Low” (tidak bisa hanya dua roda/ 2WD). Limited Slip Differential (LSD/ gardan tengah) akan otomatis menyesuaikan medan. Ketika salah satu ban spin dan tidak mencengkeram, secara mekanikal LSD menggerakkan roda lain untuk ”menyelamatkan”.

Multifungsi
Ary Yunanto Setiabudi, salah satu pengguna Fortuner pernah memberikan testimoni, bahwa versi 4X2 sudah cukup mampu menaklukkan medan off-road ringan. Bahkan ada beberapa rekan dari komunitas yang harus masuk ke lumpur setinggi 40-50 cm. Versi 4X4 diyakini bakal semakin tangguh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski bertenaga badak, SUV tengguh juga harus multifungsi. Selain dipakai untuk konsumen menengah atas, kendaraan juga wajib memberikan kenyamanan membawa keluarga. Hal ini bisa didapat dari penggunaan material interior elegan dan sound system yang mumpuni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.