Honda Luncurkan "Kakak" Accord di Jepang

Kompas.com - 10/11/2014, 15:15 WIB
Generasi terbaru Legend dipasarkan di Jepang. HondaGenerasi terbaru Legend dipasarkan di Jepang.
|
EditorAris F. Harvenda

Tokyo, KompasOtomotif - Honda Motor Company meluncurkan generasi terbaru Legend di Jepang, Senin (10/11/2014). Mobil termewah Honda ini mengisi ceruk di atas Accord dan punya desain mirip dengan Acura RLX di Amerika Serikat, karena memang satu model dengan dua merek yang berbeda.

Di Jepang, Legend menggunakan mesin 3.5 liter, V6, dipadu tiga motor listrik sehingga tercipta sistem hibrida yang dijuluki "Super-Handling All-Wheel Drive". Jadi, kedua ban depan akan mendapat asupan tenaga dari mesin bensin, sedangkan gardan belakang memanfaatkan daya dari sepasang motor listrik berkekuatan masing-masing 27 kW.

Motor listrik ketiga, berada di antara mesin dan transmisi 7-percepatan otomatis dengan kopling ganda. Jika ditotal, tenaga dari mesin konvensional dengan motor listrik mampu menghasilkan tenaga hingga 281 kW alias 376,8 tk.

Mobil ini memiliki tiga mode berkendara, pertama penggerak depan dengan memanfaatkan mesin bensin saja. Kedua, kombinasi mesin dan motor listrik hanya untuk menggerakkan roda depan. Ketiga, menggerakkan semua roda dengan memanfaatkan tenaga dari mesin bensin dan motor listrik.

Honda menjelaskan, ketiga mode yang ditawarkan akan mengaktifkan sistem hibrida, yakni mengembalikan atau mengisi ulang baterai ketika pengemudi menginjak rem. Mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Variable Cylinder Management. Jadi, ketika dalam kondisi berhenti, mesin tetap menyala, tetapi hanya akan menggunakan satu silinder. Tiga silinder mesin lain akan berhenti istirahat sejenak, sampai akhirnya mobil berjalan kembali.

Dengan teknologi ini, diklaim rata-rata konsumsi Legend edisi baru mencapai 16,9 kpl melalui metode pengetesan di Jepang. Honda juga menjanjikan ruang kabin yang lebih lapang sehingga kenyamanan optimal. "Sangat lapang sehingga penumpang yang mau menyilangkan kaki dengan mudah bisa dilakukan dan nyaman," tulis Honda.

Legend tidak dipasarkan ke Indonesia. Di Jepang, Legend bersaing langsung dengan Toyota Crown, Mercedes-Benz E-Class, dan BMW seri-5. Banderol Legend di Jepang dimulai dari 6,8 juta yen atau Rp 724,3 juta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Honda
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X