Kompas.com - 06/11/2014, 14:00 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Jelang pergantian musim cuaca biaasnya terasa sangat terik, terutama di siang hari. Di beberapa kota bahkan suhu udara acap melebihi 37 derajat celcius. Bisa dibayangkan, betapa panasnya berada di jalan raya. Efeknya, untuk pengguna mobil, hembusan AC terasa kurang dingin, bahkan tiba-tiba menjadi gerah.

KompasOtomotif berusaha merangkum beberapa saran untuk mengurangi efek panas, atau juga menghindari panas berlebih di dalam kabin. Hal ini cukup penting, terutama untuk menambah kenyamanan saat berkendara di siang hari. Perhatikan hal-hal berikut:

1. AC. Jika tiba-tiba AC kurang dingin, hal ini wajar, karena suhu di luar kabin jauh melebihi kemampuan AC mendinginkan ruangan. Meski demikian, di musim panas seperti sekarang, perlu juga dicek ke bengkel AC untuk memastikan kinerja sistem pendingin ini tetap normal. Pengecekan detail diperlukan seperti kelancaran saluran, kebersihan, hingga kualitas freon (refrigerant).

2. Kaca film. Pemilihan kaca film menentukan panas yang mampu menembus kabin. Saat ini banyak produsen kaca film yang sudah menawarkan teknologi anti-panas atau yang bisa menolak sinar ultraviolet. Sebaiknya pilih jenis tersebut. Sedikit lebih mahal, tapi ampuh menolak panas ketimbang kaca film ”biasa”.

3. Pelapis jok. Tampaknya sepele, namun berdasarkan banyak penelitian di negara maju, kualitas pelapis jok menentukan penyerapan panas. Terlebih soal warna, pilihlah warna pelapis jok yang terang untuk mengurangi efek panas berlebih.

Shutterstock Ilustrasi.

Jika ingin memarkirkan kendaraan dalam cuaca panas, beberapa tips berikut bisa menjadi acuan:

a. Parkir di tempat teduh. Usahakan memarkir di tempat yang jauh dari terik langsung sinar matahari. Selain menjaga kualitas cat dan kabin, cara ini sangat efektif mengurangi panas, terutama saat mobil hendak dipakai lagi saat cuaca masih panas. Ibarat oven, suhu kabin akan terus meningkat saat ”dipanggang” di tengah panas.

b. Buka kaca sedikit. Jika perlu, buka sedikit kaca, jangan terlalu besar, hanya setengah inci saja untuk membuat udara bersirkulasi.

c. Gunakan penutup kaca. Hal ini biasanya dipakai untuk kaca depan demi mencegah sinar matahari langsung mengenai jok dan dashboard.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.