Tak Lulus Uji Tabrak, Ini Reaksi Datsun India

Kompas.com - 05/11/2014, 19:10 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

New Delhi, KompasOtomotif– Setelah mendapat laporan dari Global NCAP atas gagalnya uji tabrak untuk Datsun Go dan Suzuki Swift produksi India [Baca: Suzuki Swift dan Datsun Go Produk India tak Lulus Uji], produsen pun mulai memberi respon. Dilaporkan indianautosblog (4/11/2014), Nissan India sebagai produsen Datsun Go mulai memberikan reaksi dengan pernyataan resmi.

Presiden Nissan India Operation, Guillaume Sicard, mengatakan bahwa Go sudah memenuhi regulasi kendaraan di India. Bahkan disebutkan, untuk varian paling top juga tidak dilengkapi dengan ABS atau kantung udara. Setelah laporan Global NCAP ini, kemungkinan perusahaan akan menawarkan kantung udara pada mobil murah itu.

Sekjen Global NCAP, David Ward, dalam siaran resminya menyatakan bahwa struktur bodi Go sangat lemah, meski nanti akan ditambah dengan kantung udara. ”Sangat mengecewakan perusahaan global seperti Nissan memproduksi mobil yang tak sesuai standar UN (United Nations) dan meluncurkan model ini pada 2014,” ujarnya dalam siaran pers.

Di lain sisi, Global NCAP sangat terbuka mengundang India untuk mendirikan NCAP sendiri yang mengacu pada standar keamanan global mulai 2016. Nissan India dalam pernyataan tambahan mengatakan bahwa perusahaan akan mempertimbangkan untuk menaikkan standar keamanan kendaraan.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, Maruti Suzuki sebagai produsen Suzuki Swift di India belum memberikan keterangan resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.