Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Mercy G-Code Menghasilkan Energi dari Angin dan Sinar Matahari

Kompas.com - 04/11/2014, 11:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber autoguide

Beijing, KompasOtomotif - Mobil konsep pertama dari pusat fasilitas penelitian dan pengembangan yang baru saja diresmikan Daimler di Beijing, China, akan diberi nama G-Code. Model crossover seukuran GLA-Class ini dibuat dari banyak ide berteknologi tinggi dan akan mendebut pada Los Angeles Auto Show, 21-30 November 2014.

Desain luar G-Code tidak menggambarkan model mendatang Mercedes-Benz, namun teknologi di dalamnya kemungkinan besar digunakan Mercedes-Benz di masa depan. Seluruh rangkaian hal baru dikerjakan studio desain di Jerman dan China.

Postur mengemudi seperti hatchback versi lebih tinggi, bodi punya overhang pendek di bagian depan dan belakang. G-Code tak memiliki spion luar, fungsinya diganti dua kamera, selain itu memiliki fitur LED dan pelek 21 inci. Unik, bagian gril akan berubah warna sesuai dengan mode mengemudi.

Sumber tenaga didapat dari sistem hibrida. Kemampuannya tidak terbatas bergerak menggunakan kedua roda depan, tapi juga bisa beralih menjadi bergerak menggunakan roda belakang atau all-wheel drive.

Mercedes  mengatakan lapisan cat bodi bisa menghasilkan energi dari sinar matahari saat siang hari dan membuat listrik statis dari angin. Konsep mutakhir ini juga punya sistem regenerasi energi pada suspensi.

Konsep G-Code hanya wujud dari sebagian kecil tujuan besar Daimler. Grup otomotif asal Jerman ini mengatakan pembangunan fasilitas baru bertujuan untuk memaksimalkan pasar Mercedes-Benz menjadi yang terbesar di China sekaligus menggeser dominasi pabrikan Jerman lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber autoguide
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com