Unik, Layanan Taksi "Kura-Kura" di Jepang

Kompas.com - 24/10/2014, 11:05 WIB
Layanan taksi yang unik tersedia di Jepang, jalan lambat. Sangat berbeda dengan Indonesia di mana kebanyakan pengemudi taksinya gemar ngebut demi argo cepat. ureka.myLayanan taksi yang unik tersedia di Jepang, jalan lambat. Sangat berbeda dengan Indonesia di mana kebanyakan pengemudi taksinya gemar ngebut demi argo cepat.
|
EditorAzwar Ferdian

Yokohama, KompasOtomotif - Ketika Dubai memilih mobil sport untuk kendaraan darurat karena membutuhkan kecepatan yang tinggi, beda halnya dengan layanan terbaru taksi di Jepang. Ada kendaraan khusus yang melayani orang berpergian di dalam kota dengan pelan-pelan menggunakan jasa layanan Turtle Taxi atau Taksi Kura-Kura.

Sejak terbangun dari tidur, berangkat kerja, rapat, bertemu klien, atau pulang dari kantor semuanya ingin cepat. "Time is money", waktu sangat berarti karena tidak bisa dibeli atau diganti. Latar belakang ini juga yang membuat layanan Taksi Kura-Kura ini muncul, daripada mengejar waktu yang pasti berlalu, mengapa tidak melambat dan menikmati setiap momen pergantian waktu.

Layanan ini diciptakan oleh perusahaan taksi Sanwa Kotsu Group di Yokohama, Jepang, sejak tahun lalu. Sanwa mengubah 10 dari total 500 unit taksi yang beroperasi menawarkan layanan baru Taksi Kura-Kura.

Di setiap Taksi Kura-Kura terdapat tombol khusus bergambar kura-kura di bagian belakang jok penumpang depan, bertuliskan Yukkuri yang artinya pelan. Ketika konsumen menekan tombol itu, akan keluar lantunan musik yang lucu, bertempo lambat, menenangkan, dan pengemudi otomatis langsung memperlambat jalan taksinya.

Hebatnya lagi, pengemudi taksi ini sangat terampil karena bisa mengatur gaya setrifugal yang biasa tercipta kalau mobil rem mendadak. Jadi, penumpang dibuat sangat nyaman dalam perjalanan, bisa menikmati pemandangan di luar jendela taksi.

Mungkin bagi sebagian orang, layanan ini lucu, tetapi taksi ini sangat baik diterima oleh warga di Jepang, khususnya para lanjut usia. Wanita hamil juga tentu lebih memilih taksi dengan gaya mengemudi yang lembut. Perusahaan pengelola juga mengaku permintaan layanan taksi ini meningkat 15 persen sejak diluncurkan.

Kini, perusahaan berencana memperlebar layanan di luar Yokohama, masuk ke beberapa wilayah urban, seperti Tokyo, Kangawa, dan Saitama. Mau tahu seperti apa layanan taksi ini, simak video berikut ini !

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X