Kompas.com - 23/10/2014, 09:45 WIB
Apple ubah iPhone jadi AutoevolutionApple ubah iPhone jadi "kunci" mobil.
|
EditorAris F. Harvenda

California, KompasOtomotif - Apple semakin serius mengembangkan teknologi kemudahaan untuk otomotif. Belum lama ini, lembaga hak paten AS memberikan paten “Accessory control with geo-fencing” kepada Apple. Artinya, sistem baru ini memungkinkan iPhone mengoperasikan fitur mobil dari kejauhan saat terkoneksi dengan CarPlay.

“Sinyal bisa mengidentifikasikan lokasi mobil saat ini atau nanti. Telepon pintar dapat menghasilkan satu atau lebih geofences (kemampuan deteksi perimeter) menggunakan setidaknya sebagian dari lokasi mobil,” seperti tertulis pada paten, dilansir Autoevolution, Selasa (22/10/2014).

Produk sistem hiburan baru dari Apple, CarPlay, baru saja meluncur pada Maret lalu. Paten baru ini mengembangkan kemampuannya, mobil bisa menentukan lokasi pemegang iPhone yang diibaratkan sebagai “kunci” dengan mengandalkan bluetooth dan kemampuan deteksi perimeter.

Autoevolution Lembaga hak paten AS memberikan paten “Accessory control with geo-fencing” kepada Apple.

Teorinya, pintu mobil akan membuka otomatis bila pengemudi bersama iPhone mendekat, atau bila mobil merasakan anda menjauh maka pintu langsung terkunci. Kemampuan itu baru sebagian awal, pemilik juga bisa menyalakan mesin dari jauh, selain itu berbagai ekspansi kode perintah juga dipersiapkan.

Meski sudah dipatenkan sistem kemungkinan ini masih lama bisa diaplikasikan. Satu yang pasti, CarPlay sudah siap diproduksi massal, berbagai merek seperti Ferrari, Mercedes-Benz, Honda, dan Hyundai telah sejutu menjadikannya OEM.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.