Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaguar Land Rover Berniat Hijrah ke AS

Kompas.com - 21/10/2014, 07:38 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

London, KompasOtomotif - Produsen mobil asal Inggris, Jaguar Land Rover (JLR) berniat memperluas ekspansi bisnis ke Amerika Serikat. Dilansir surat kabar lokal Sunday Times (20/10/2014), perusahaan tengah melakukan berbagai diskusi dengan beberapa pemerintah lokal di AS untuk mewujudkan rencana tersebut.

Belum ada konfirmasi resmi dari pihak JLR menyangkut informasi ini. Juru bicara perusahaan mengatakan pada Automotive News Europe, "Saat ini sedang mencari cara bagaimana bisa memperluas pijakan secara global dan saat ini terdapat banyak pilihan yang tersedia."

Produsen mobil premium ini dikabarkan tengah menjalin komunikasi intens dengan beberapa negara bagian di sebelah selatan AS, termasuk South Carolina menyangkut kemungkinan disediakannya bantuan pendanaan. JLR berencana membangun pabrik baru berkasipas 200.000 per tahun.

Pengembangan usaha
Dengan adanya pabrik baru di AS, JLR bisa terhindar dari pajak impor yang tinggi, sekaligus mengurangi dampak naik-turunnya nilai tukar dollar AS. Sejak diakuisisi Tata Motors pada 2008 lalu, JLR terus mengembangkan usaha, salah satunya dengan menambah model-model baru untuk pasar.

Pada pekan ini, JLR akan meresmikan pabrik pertamanya di Chengshu, China. Perusahaan menggandeng mitra lokal Chery Automobile dan pabrik ini merupakan fasilitas produksi skala penuh pertama di luar Inggris. JLR juga sudah menyatakan siap mengoperasikan pabrik barunya di Rio de Janeiro, Brasil mulai 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com