Soal Tragedi Bianchi, Pebalap F1 Minta Perbaikan Ban

Kompas.com - 18/10/2014, 14:00 WIB
Safety car memimpin start GP Jepang pada lap ketiga dari pit lane Sirkuit Suzuka, Minggu (5/10/2014). Balapan dihentikan setelah dua putaran karena hujan yang semakin deras. AFP PHOTO/TOSHIFUMI KITAMURASafety car memimpin start GP Jepang pada lap ketiga dari pit lane Sirkuit Suzuka, Minggu (5/10/2014). Balapan dihentikan setelah dua putaran karena hujan yang semakin deras.
EditorAzwar Ferdian
Suzuka, KompasOtomotif - Para pebalap Formula 1 meminta Pirelli sebagai pemasok ban tunggal, untuk meningkatkan kualitas ban terutama pada kondisi basah. Permintaan ini terlontar setelah insiden kecelakaan fatal yang dialami pebalap Marussia, Jules Bianchi.

Pada insiden yang terjadi di GP Jepang, Suzuka tersebut, pebalap asal Perancis itu kehilangan kendali mobil dan menabrak traktor (crane) yang sedang mengangkat mobil Adrian Sutil, dengan kecepatan tinggi. Bianchi mengalami cedera kepala dan sampai saat ini sedang menjalani perawatan intensif.

Bianchi sendiri menggunakan ban intermediate (menengah) saat belapan berlangsung. Hujan deras membuat lintasan menjadi licin, dan jarak pandang juga terbatas. Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton mengatakan, semua pebalap pada umumnya memilih menggunakan ban intermediate meskipun hujan deras. Pasalnya, bila menggunakan ban wet (basah) mobil akan melaju lebih lambat.

"Bukan rahasia lagi bahwa ban basah Pirelli tidak bisa lebih baik dari ban lain yang pernah saya pakai. Ban basah harus terus ditingkatkan kemampuannya," jelas Hamilton seperti dilansir Worldcarfans, Sabtu (18/10/2014).

"Kami ingin ban yang bisa membersihkan air dengan cepat, tapi tidak bisa memaksa ban dengan kecepatan tinggi, karena itu sangat tidak aman," tambah Hamilton lagi.

Senada dengan Hamilton, juara dunia Sebastian Vettel juga mengaku kurang puas dengan kemampuan ban basah dari Pirelli. "Ini jelas sesuatu yang harus kita teruskan, bukan hanya setelah insiden di Jepang. Butuh pengembangan lain pada ban basah yang bisa menguntungkan pebalap," kata Vettel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X