Perbedaan Yamaha R25 Versi Indonesia dan CBU Jepang

Kompas.com - 17/10/2014, 11:38 WIB
Yamaha R25 diekspor ke Jepang Febri Ardani Saragih/KompasOtomotifYamaha R25 diekspor ke Jepang
|
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Berperan sebagai basis produksi R25, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) wajib menyesuaikan spesifikasi unit mengikuti regulasi yang berlaku di setiap negara objek ekspor. Dengan demikian, ada beberapa perbedaan antara versi ekspor dengan versi domestik Indonesia.

Dirdhana, Education and Publication Manager YIMM menjelaskan, perbedaan paling signifikan yakni tambahan side stand switch. Fitur ini secara otomatis mematikan kerja mesin saat "kaki parkir" (standar samping) dibuka.

"Fitur ini membuat perbedaan pada ECU, berarti ada penambahan satu sensor dan slot tambahan," jelas Dirdhana selepas peresmian ekspor R25 ke Jepang, di Kantor Pusat YIMM, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Jumat (17/10/2014).

Perbedaan lain, suspensi depan R25 CBU Jepang dilengkapi reflektor bantuan penerangan malam hari dan tak punya braket plat nomor di bagian depan.

Pilihan warna tetap sama seperti unit yang dipasarkan di Indonesia, yaitu warna dasar hitam, merah, dan biru. Namun ada sedikit perbedaan untuk tipe biru, warna tema motorsport Yamaha ini dikombinasikan dengan warna silver dan pelek yang juga berwarna biru. Tidak ada perubahan pada mesin R25 untuk Jepang, tetap mengandalkan sistem injeksi 2-silinder bertenaga 35 tk dan torsi 23 Nm.

Dirdhana juga menjelaskan setiap unit CBU Jepang dilengkapi empat dokumen, yakni safety riding guide, manual book, maintenance note, dan delivery confirmation. Semua kelengkapan ini dibuat dalam bahasa Jepang.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.