Acuan Modifikasi All-New Yaris dari Signal Kustom

Kompas.com - 17/10/2014, 10:25 WIB
Signal Kustom Built Sketsa modifikasi All-New Yaris rancangan Andre Mulyadi dari Signal Kustom Built

Jakarta, KompasOtomotif – Semua mobil entah itu versi produksi, modifikasi, atau masih prototipe berawal dari ide sang penciptanya. Reka desain dimulai dari hal-hal sederhana kemudian dituangkan ke objek inspirasi agar rupa bisa dituntun menjadi nyata. Apapun bisa berperan sebagai “kanvas”, seperti yang dilakukan pemodifikasi Andre Mulyadi dari Signal Kustom Built pada sosok All-New Yaris.

Dari sketsa yang ditunjukan kepada KompasOtomotif, Andre ingin menciptakan rupa agresif Yaris generasi keempat yang banyak diinjeksikan unsur balap. Tema besarnya mengubah Yaris menjadi “serdadu tempur” yang dibekali spesifikasi khusus balapan time attack atau touring.

“Konsepnya street racing. Desain dibuat bertujuan aerodinamis dan function to race,” kata Andre, Kamis (16/10/2014).

Signal Kustom Built Tampak belakang sketsa modifikasi All-New Yaris rancangan Andre Mulyadi dari Signal Kustom Built

Segala guratan pada eksterior berbalur warna “hijau permen” ini  bertujuan sebagai penguat faktor aerodinamis, menurut Andre seluruh bagian paket seharusnya benar-benar berfungsi untuk balap bukan sekadar kosmetik. Body kit dirancang sendiri, artinya semua dibuat custom, termasuk pada front lips, rear diffuser, dan sayap besar di belakang yang bergaya mobil balap touring.

Dimensi lebar bodi Yaris semakin melar dengan tambahan wide body kit, desainnya dibuat mengikuti tren saat ini dengan ciri khas di bagian belakang fender terbuka untuk mengekspos lebar tapak ban pada pelek 18 inci.

“Kebanyakan aplikasinya bolt on, metode ini sangat berguna saat balap karena lebih efisien. Bila ada bagian yang rusak hanya diganti per piece. Keuntungan lainnya jauh lebih rapi. Seluruh perubahan tidak mengubah struktur bodi asli. Walaupun sudah banyak berubah, karakter Yaris ga hilang,” tambah Andre.

Sejalan dengan penampilan agresif, Andre mengungkapkan bayangannya Yaris ini telah mendapatkan modifikasi stage tiga di sektor mesin yang berarti telah memiliki turbo kit dan ECU stand alone. Luapan tenaga diandaikan melonjak hingga 50 persen dari tenaga standar Yaris terbaru (109 tk), cukup sebagai modal bersaing di trek.

Andre mengatakan, sketsa ini belum tentu menjadi kenyataan. Jika saja akhirnya digarap menjadi nyata, model ini tidak akan pernah menjadi konstestan di acara kontes modifikasi. Meski begitu berbagai elemen pada rancangan bisa dijadikan acuan modifikasi buat para pemilik All-New Yaris yang masih mencari inspirasi.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorAzwar Ferdian
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X