Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Tokyo, Jepang

Mengunjungi "Rumah" ASIMO

Kompas.com - 15/10/2014, 07:41 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Motegi, KompasOtomotif - Masih dalam serangkaian acara "Road to MotoGP 2014" yang diselenggarakan PT Astra Honda Motor (AHM), kini masuk hari ke lima, Selasa (14/10/2014). Kali ini, rombongan pemenang undian diajak mengunjungi "rumah" robot humanoid Honda, ASIMO, di jantung Tokyo, Jepang.

Di tempat ini, para peserta menyaksikan kebolehan ASIMO yang kini sudah memiliki keahlian baru, berlari dan menari dengan satu kaki. Kebolehan lain yang bisa dilakukan robot ini seperti jalan, berbicara, hingga melakukan bahasa isyarat bagi kalangan tuna rungu.

Robot berukuran tubuh anak-anak ini (130 cm) terlihat lucu saat menggerakkan tubuhnya. Meski menggunakan bahasa Jepang, para rombongan terlihat antusias mendengarkan penjelasan ASIMO. Pemaparan ASIMO didukung dengan tampilan video dari layar menunjukkan evolusi teknologi humanoid Honda yang sudah bergulir sejak 1980.

Agung Kurniawan ASIMO berinteraksi menggunakan bahasa Jepang.

Keinginan Honda adalah untuk menciptakan teknologi humanoid yang mampu membantu, sekaligus meningkatkan kualitas hidup manusia dalam kesehariannya.

Selain menyaksikan kebolehan ASIMO, di tempat ini Honda juga memajang puluhan kendaraan andalannya, terdiri dari mobil dan sepeda motor. Beberapa model unggulan, seperti Vezel hibrida, N-Box, Freed khusus untuk disabel, CBR1000R, CBR250R naked, NM-4 Vultus, sampai MSX 125.

Agung Kurniawan Para pengunjung antusias melhat kebolehan ASIMO dalam menggerakkan tubuhnya.
AHM Jurnalis dan penggiat blog ikut mengabadikan momen bersama ASIMO.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com