Kompas.com - 10/10/2014, 08:20 WIB
Meski ada usia pakainya, v-belt skutik bisa diperpanjang usianya. KompasOtomotif-Donny AprilianandaMeski ada usia pakainya, v-belt skutik bisa diperpanjang usianya.
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif – Skutik sudah menjadi tren penggunaan sepeda motor saat ini. Penjualannya bahkan melesat jauh meninggalkan model cub atau bebek yang menjadi raja di Indonesia selama bertahun-tahun. Dengan sistem penggerak yang berbeda, skutik punya karakteristik yang unik, termasuk komponen dan ketahanannya.

Pada dasarnya, setiap model punya kelebihan dan keunggulan. Namun khusus skutik, ada beberapa komponen yang harus mendapat perhatian ekstra. Menurut Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM), sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal kerusakan komponen.

”Semua sepeda motor, apa pun jenisnya, sudah melalui tes jalan dan laboratorium sebelum dijual ke pasar. Sehingga, kualitas masing-masing komponen sudah terjamin. Begitu juga dengan Honda yang menjamin semua komponen lulus uji,” terang Sarwono, (9/10/2014).

Kendati demikian, tak bisa dihindari bahwa ada beberapa komponen pada skutik yang lebih cepat aus karena pemakaian, meski tetap memenuhi standar keausan yang ada. Komponen itu adalah sebagai berikut:

1. Ban. Dengan diameter yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan sepeda motor bebek atau sport, ban akan berputar lebih banyak. Aus akan lebih cepat terjadi.

2. Kopling. Komponen ini sebenarnya bekerja hampir sama dengan model lain. Namun karakteristik kopling pada skutik berbeda dengan banyaknya bagian yang berputar. Mulai mangkuk kopling, roller, per, dan sebagainya.

3. Drive belt. Komponen ini juga menjadi salah satu ”kelemahan” skutik. Karena tugasnya menghubungkan mesin dengan penggerak roda, sabuk khusus ini harus selalu dicek dengan jarak km tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4. Kanvas rem. Tak bisa dipungkiri, penggunaan skutik akan lebih banyak menggunakan rem. Bahkan banyak orang yang tidak bisa lepas dari rem dan terus memfungsikan tuas rem padahal sepeda motor sedang berjalan. Kebiasaan inilah yang membuat kanvas cepat aus.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X