Pengguna Yamaha R-Series Bersatu “Libas” Sentul

Kompas.com - 04/10/2014, 16:25 WIB
Track Day mempertemukan seluruh model R-Series di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/10/2014). Febri ArdaniTrack Day mempertemukan seluruh model R-Series di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/10/2014).
|
EditorAzwar Ferdian

Bogor, KompasOtomotif – Semakin banyaknya produk R-Series yang beredar di jalan menuntut setiap penggunanya memiliki bekal ilmu pengetahuan berkendara yang cukup. Sebab itu sebagai bentuk tanggung jawab Yamaha Indonesia rutin menggelar acara bertema edukasi, salah satunya bertajuk "Track Day R-Series" yang berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (4/10/2014).

Berbeda dari kebiasaan, ajang kumpul yang diisi kegiatan pembelajaran teori safety dan defensive riding lalu praktek mengelilingi trek ini baru pertama kali mempertemukan seluruh model R-Series. Sebelumnya, materi hanya diberikan per model yakni untuk pemilik R15, R25, R6, atau R1.

Tercatat tidak kurang dari 90 peserta ikut serta, semuanya harus melewati proses registrasi terlebih dahulu. Selain itu ada berbagai syarat yang wajib dipatuhi, seperti menggunakan helm setidaknya SNI dan safety gear, khusus untuk R6 dan R1 pengendara haru mengenakan baju balap dan back protector.

“Semuanya untuk konsumen, sekarang masih untuk komunitas di bawah Yamaha Riders Federation Indonesia. Pesertanya masih di seputar Jakarta dan Bandung, acara selanjutnya akan kami buka lebih luas lagi,” jelas Assisten Manager Branc Activation Defin Eko Yamaha Indonesia di sela acara.

Sebagai narasumber teori dan praktek, empat pebalap Yamaha turut serta yakni Sudarmono, Sigit PD, Imanuel Pratna, dan R.Fadhil. Berbagai pengetahuan yang diberikan seputar pengenalan sepeda motor yang mencakup performa, perangkat elektronik, suspensi, dan ban.

Pengenalan trek dan skill berupa layout, regulasi, posisi tubuh, racing line, serta pengereman. Tidak ketinggalan informasi pentingnya keamanan yang berpatokan pada safety rules, safety gear, dan final check safety. Setiap peserta yang diperbolehkan mengitari sirkuit diberikan kesempatan memahami trek dan belajar posisi tubuh sebanyak lima lap. Lalu tiga lap selanjutnya untuk pengetahuan racing line kemudian uji coba.  

Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing Yamaha Indonesia menambahkan, Edukasi seperti ini adalah bentuk kepedulian Yamaha yang tidak hanya mewadahi aktivitas fun saja, tapi juga yang serius bermanfaat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X