Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Jantung Baru VW Polo GTI

Kompas.com - 03/10/2014, 12:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Paris, KompasOtomotif — Anda naksir Golf GTI tetapi belum terjangkau? Volkswagen (VW) berharap adanya Polo GTI bisa menjadi jawaban. Sepintas tampak seperti bayi Golf, tetapi secara ukuran dan keseluruhan jauh lebih ringkas. Tenaganya lebih dari cukup, sangat kuat di kelasnya.

GTI memang menjadi magnet penggemar kecepatan dan nuansa sporty mobil-mobil VW. Polo GTI sendiri sudah hadir sejak generasi kedua pada era 1980-an. Tahun ini, dengan memanfaatkan ajang Paris Motor Show, VW melansir Polo (generasi kelima) GTI dengan mesin baru.

Mesin menggunakan tipe 4-silinder 1.800cc TSI, turbo ganda yang bisa menyemburkan tenaga puncak sampai 189 tk dan torsi 256 Nm. Tenaga itu naik 8-9 tk dibanding mesin sebelumnya. Dengan jantung baru itu, mobil bisa melesat 0-100 kpj dalam 6,7 detik, kecepatan maksimal 235 kpj.

autoblog Mesin menggunakan tipe 1.8 TSI.

Model sebelumnya hanya ditawarkan dalam transmisi DSG kopling kembar 7-percepatan. Sementara versi baru juga ditawarkan dengan transmisi manual 6-percepatan. Hal itu karena permintaan dan banyak survei mengatakan bahwa penggemar kecepatan lebih suka transmisi manual.

Polo GTI bisa dipesan dalam model tiga atau lima pintu. Opsi lain adalah lampu depan LED dan dua mode suspensi. VW mengatakan, model ini akan meluncur pada Desember tahun ini, dijual dengan banderol Rp 387 juta di Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com