Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Touring Wajib, Agenda Utama Anak Motor

Kompas.com - 01/10/2014, 17:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifTouring adalah salah satu agenda klub sepeda motor. Aktivitas ini wajib dilakukan minimal sekali dalam setahun. Seperti yang dilakukan Fino Owners Indonesia (FOI) yang melakukan konvoi menuju Pangandaran, Jawa Barat.

Agenda ini diikuti para anggota dari beberapa chapter, mulai Bekasi, Tangerang, Bogor, Sukabumi, Bandung, dan Cirebon. Lebih dari 50 Yamaha Fino bergabung untuk memadu kebersamaan dan menjalin hubungan yang lebih erat sekaligus bertukar pikiran.

Touring wajib kali ini juga dipakai sebagai penambah jam terbang, khususnya anggota baru. Misi lain, menambah wawasan berkendara dan melatih skill, mental riding yang benar, serta mengaplikasikan tata tertib berlalu lintas,” ujar Achobule, pengurus FOI.

FOI Para anggota baru yang dilantik. Tidak ada perpeloncoan, cuma wajib minum 1,5 liter air tanpa putus.

Ternyata, agenda ini sudah lama dinanti member FOI. Pangandaran sebagai destinasi juga dirasa universal dan mewakili trek. Perjalanan kurang lebih 12 jam, start dari kopdaran FOI Jadetabek di pintu 7 Senayan. Walau sempat diguyur hujan lebat, ini tidak mengurangi niat 20-an member FOI Jakarta untuk tetap ngegas.

Perjalanan lumayan panjang, dengan jarak 397 km (one way) berkategori medium trip. Ini sudah cukup untuk membuktikan bahwa skutik perkotaan Fino sudah lebih dari cukup dan tangguh untuk diajak jalan jarak jauh sebagai tunggangan yang menarik.

Suasana di Pangandaran semakin riuh, apalagi anggota dari chapter lain ikut bergabung. Acara inti dilakukan, yakni melantik member FOI baru untuk memperoleh Nomor Registrasi Anggota (NRA). Cara pelantikannya pun unik, tidak neko-neko, dan tidak ada "perpeloncoan".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com