Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.795 Unit Mobil Terjual Setiap Hari Selama IIMS 2014

Kompas.com - 30/09/2014, 14:31 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

 
Jakarta, KompasOtomotif - Dari total 432 unit mobil yang terpajang selama IIMS 2014, ternyata berhasil menjaring banyak konsumen. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang selalu mendengungkan kalau pameran tahunan ini bukan ajang jualan, justru terus mencatatkan rekor baru penjualan setiap tahun.

"IIMS bukan ajang jualan, tetapi menjadi tempat untuk mengedukasi dan memamerkan kemajuan industri otomotif nasional kepada pengunjung," jelas Sudirman Maman Rusdi, Ketua Umum Gaikindo, di Jakarta, belum lama ini. Penegasan ini memang terus dilantunkan hampir seluruh peserta pameran.
 
Tapi, kondisi perekonomian yang dinamis dan terus berubah dengan berjalannya waktu, membuat pameran jadi salah satu andalan mendorong penjualan mobil. Di satu sisi Gaikindo mengatakan bukan jualan, di sisi lain nilai transaksi terus mencatatkan rekor baru setiap tahun.

Dari data yang diterima KompasOtomotif, selama 11 hari IIMS 2014 bergulir mencatat total transaksi Rp 5,45 triliun. Nilai ini diperoleh dari total penjualan 19.746 unit kendaraan bermotor yang ada di pameran. Jika dibagi secara kasar, maka setiap harinya selama pameran berlangsung ada 1.795 unit mobil yang terjual.
 
Jika dibandingkan IIMS tahun sebelumnya dari segi nilai penjualan kendaraan (Rp 4,9 triliun), pameran 2014 lebih besar. Selain itu, jika dibandingkan dari jumlah unit yang terjual, relatif stagnan, cuma terjadi kenaikan 1,95 persen dari sebelumnya 19.367 unit.
 
IIMS 2014, melibatkan total 36 merek kendaraan, terdiri dari 19 kendaraan penumpang, tujuh merek niaga, serta 286 perusahaan industri pendukung. Total stan pameran yang berdiri mencapai 322 unit, memajang 432 unit mobil dan 23 unit sepeda motor. Pameran ini juga diliput oleh 1.039 jurnalis, termasuk 35 di antaranya media asing.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com