Parade Diskon Mobil Murah Selama IIMS 2014

Kompas.com - 25/09/2014, 15:00 WIB
Model menggunakan kostum tokoh anime atau biasa disebut cosplay di stan Daihatsu di pameran 22nd Indonesia International Motor Show 2014, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (22/9/2014). KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESModel menggunakan kostum tokoh anime atau biasa disebut cosplay di stan Daihatsu di pameran 22nd Indonesia International Motor Show 2014, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Utara, Senin (22/9/2014).
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Tahun lalu, hadirnya mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) di gelaran IIMS 2013 sempat menjadi pusat perhatian utama. Tahun ini, pamor mobil murah di mata konsumen belum memudar. Bahkan masing-masing merek pemasar coba mendorong lagi penjualan pada ajang serupa tahun ini, dengan potongan harga tambahan.
 
Sampai saat ini, terdapat lima model mobil murah yang ditawarkan di Indonesia, yakni Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya, Suzuki Karimun Wagon R, dan Datsun Go dan Go+ Panca. Sebelum membahas berapa diskon yang ditawarkan masing-masing mobil murah, ada hal yang perlu diperhatikan konsumen. 
 
Paling penting menyangkut status masing-masing model yang disebut sebagai mobil murah. Artinya, setiap ATPM sudah terikat harga dengan pemerintah karena wajib memenuhi persyaratan tertentu. 
 
Hal ini berkaitan dengan besaran diskon yang ditawarkan relatif kecil ketimbang model non LCGC. Toyota Agya misalnya, sebagai mobil murah terlaris di Indonesia menawarkan potongan harga Rp 2,5 juta. Saudara kembarnya, Daihatsu Ayla sedikit menawarkan lebih, Rp 3,5 juta untuk semua varian mobil murahnya.
 
Terbesar
Diskon terbesar justru ditawarkan oleh Suzuki untuk Karimun Wagon R. Potongan ditawarkan beragam, mulai dari varian Dilago Rp 3 juta, sampai tipe GL, yakni Rp 8 juta. Dari merek Honda, Brio Satya masih puasa diskon. Tetapi, Honda tetap punya undian lucky deep mulai Rp1-50 juta, untuk setiap pembelian model manapun, termasuk Brio Satya.
 
Dari Datsun, kedua model Go ataupun Go+ sama-sama tidak menawarkan diskon bagi pengunjung IIMS 2014. Maklum, masih relatif baru dipasarkan di Indonesia, sejak Mei 2014. Tapi, ditawarkan hadiah langsung berupa ponsel pintar untuk setiap pembelian di pameran.

Sedangkan dari Korea Selatan, meskipun kedua Picanto dan Morning bukan masuk dalam program LCGC, tetapi punya karakteristik konsumen yang mirip. Selama pameran 10 hari, baik Picanto dan Morning mendapat diskon sampai Rp 13 juta.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.