Peta Jalan Pengembangan SDM Toyota Indonesia

Kompas.com - 24/09/2014, 15:23 WIB
Toyota Learning Center Karawang, Jawa Barat KompasOtomotif-DonnyToyota Learning Center Karawang, Jawa Barat
|
EditorAris F. Harvenda
Karawang, KompasOtomotif - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) terus menambah fasilitas Toyota Learning Center (TLC), demi mempersiapkan sumber daya manusia yang siap pakai untuk menghadapi AFTA 2015. Investasi digelontor khusus, dengan target realisasi secara penuh pada 2016.

Saat ini TMMIN mempunyai dua TLC yang berlokasi di pabrik Sunter, Jakarta Utara, dan Karawang, Jawa Barat. Satu lagi akan dibangun di kompleks pabrik baru yang juga terletak di Karawang. Untuk mewujudkannya, dikucurkan investasi Rp 160 miliar, di luar komitmen investasi Toyota Motor Corporation Rp 13 triliun.

"Kami terus berkomitmen meningkatkan investasi di luar pabrik. Sumber daya manusia berkualitas dunia sangat dibutuhkan demi menghadapi era persaingan untuk MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Otomotif adalah industri yang bersaing ketat secara langsung," ujar Bob Azam, Direktur Administrasi TMMIN di TLC Karawang, (24/9/2014).

Di TMMIN, 50 persen produksi adalah untuk ekspor. Dijelaskan Bob bahwa kompetisi untuk itu semakin ketat. Tidak hanya di kawasan ASEAN, tetapi juga reginal lain seperti China, India, dan Amerika Selatan.

Soal kemampuan SDM dan standar pabrik, TMMIN akan terus mengupayakan sertifikasi global pada akhir 2015. "Kami percaya, investasi di sisi SDM akan membangun kekuatan kita di persaingan bebas. Ujungnya adalah costumer satisfaction," tukas Bob.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.