Ini Alasan Honda Menghadirkan HR-V Versi Murah

Kompas.com - 24/09/2014, 11:51 WIB
Honda HR-V bisa mulai dipesan KompasOtomotif-Agung KurniawanHonda HR-V bisa mulai dipesan
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Dalam anggota keluarga Honda HR-V, ada varian termurah, A MT, dengan banderol Rp 240-an juta. Harga tersebut lebih mahal Rp 8 juta dibanding Jazz RS sebagai varian tertinggi. Harga yang bertabrakan tersebut bisa menjadi kendala yang membuat konsumen di kelas hatchback menjadi galau.

"Tidak jadi masalah ketika konsumen Jazz jadi berpindah ke HR-V, yang penting masih merek Honda. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan konsumen yang hendak membeli hatchback akan melirik dan akhirnya memilih HR-V yang segmentasinya lebih tinggi (medium up)," ujar Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor (HPM), kepada KompasOtomotif, Selasa (23/9/2014).

Para upgrader, lanjut Jonfis, biasanya menjual mobil yang dimiliki untuk mendapatkan mobil baru yang punya kelas lebih tinggi. Konsumen model tersebut biasanya baru akan muncul setelah model yang diinginkan mulai banyak beredar di jalan.

"Makanya, untuk pameran ini peminat varian A MT tidak begitu banyak, hanya 50 orang saja. Itupun biasanya konsumen yang sudah memiliki Honda sebelumnya, jadi sudah tidak meragukan kualitas produk kita," terang Jonfis.

Fitur
Berbeda dengan segmentasi Honda lainnya terutama di menengah ke bawah (Jazz, Mobilio, dan Brio), untuk HR-V, meski entry level namun kelengkapan yang dimiliki sudah cukup baik. Varian paling bawah ini dilengkapi halogen headlight, auto off headlight, dan pelek 17 inci. Di interior, ada head unit 2 DIN, setir tilt & telescopic. Sementara perangkat keselamatan meliputi kantong udara depan, auto brake hold, parkir elektrik, ABS, EBD, BA, hill start assist, dan kontrol stabilitas.

Kelengkapan tersebut, menurut Jonfis sudah cukup lengkap untuk varian termurah. "Biasanya varian termurah semua serba sederhana, seperti pelek kaleng, head unit single DIN dan juga perangkat keselamatan yang belum dilengkapi kantong udara dan ABS, EBD dan BA. Nah untuk HR-V semua sudah tersedia, karena kita menyasar segmen medium up," papar Jonfis.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X