Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Beberkan Cara Pembuatan Desain Ayla

Kompas.com - 22/09/2014, 14:40 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Pernahkah terlintas dalam benak Anda bagaimana cara mengolah sesuatu yang dimulai hanya dari ide hingga akhirnya menjadi wujud nyata produk otomotif berupa mobil? Astra Daihatsu Motor (ADM) coba memberikan jawaban itu melalui metode edukasi yang disajikan secara sederhana di stan Daihatsu, Hall D JIExpo, Kemayoran, pada IIMS 2014.

Sama seperti IIMS pada tahun-tahun sebelumnya, Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra mengatakan, tahun ini Daihatsu tetap tidak mengejar angka penjualan. Salah satu buktinya, tidak ada satu pun model produksi yang dipamerkan, tetapi, sebagai gantinya, terdapat berbagai model konsep dan modifikasi. Salah satu fokus mereka adalah memberikan pengetahuan otomotif melalui pojokan research and development.

Jendro Trimaryanto, Styling Designer R&D Division ADM, menggambarkan, ada banyak sejarah yang menarik untuk diketahui di belakang pengembangan mobil. "Tujuan research and development corner lebih mendekatkan Ayla ke masyarakat agar mereka mengetahui proses Ayla dibuat," urai Jendro, Senin (22/9/2014).

Setiap pengunjung diajak mengamati proses mewujudkan mobil. Model contoh yang digunakan adalah produk lokal Ayla dengan tampilan "exploded view". Edukasi diberikan melalui permainan How to Make a Car yang bisa dinikmati semua anggota keluarga.

Pada papan display yang tersedia, pengunjung yang terdaftar akan menyaksikan video urutan proses pembuatan mobil, yakni survei, desain, rekayasadesain, pembuatan prototipe, pengujian, dan produksi. Setelah itu, pengunjung bisa mendapatkan hadiah menarik bila bisa menjawab beberapa pertanyaan seputar proses pembuatan mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com