Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siap Naikkan Banderol Mobil Murah

Kompas.com - 21/09/2014, 13:05 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku sudah berniat menaikkan banderol mobil murahnya, Agya paling lambat Oktober 2014. Kenaikan ini, dilakukan setelah pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mengizinkan kenaikan untuk Daihatsu lebih besar 6,6 persen, sebagai produsen pertama LCGC di Indonesia.

"Kalau Oktober seharunsya sudah naik harganya, tetapi kami belum membicarakan lebih lanjut mengenai berapa kenaikan yang diputuskan nanti. Apakah plafon maksimal atau tidak," jelas Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM kepada KompasOtomotif, Sabtu (20/9/2014).

Menurut Samulo, jika Toyota akhirnya memutuskan kenaikan plafon maksimal yang diizinkan pemerintah (6,6 persen), diprediksi tidak akan mengganggu daya beli konsumen. "Karena kenaikan ini praktis karena murni inflasi, jadi pengeluaran masyarakat pasti harusnya sudah bisa menyesuaikan," lanjut Samulo.

Dengan adanya izin kenaikan harga, maka lonjakan harga yang mungkin terjadi untuk varian terendah, E transmisi manual, yang dibanderol Rp 100,35 juta menjadi Rp 106,97 juta. Sedangkan, varian tertinggi Agya S TRD transmisi otomatis bisa jadi lebih mahal Rp 8,002 juta dari banderol saat ini, Rp 121,25 juta on-the road Jakarta.

"Kami masih pelajari apakah akan menaikkan secara bertahap atau sekaligus," tutup Samulo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com