Toyota Siap Naikkan Banderol Mobil Murah

Kompas.com - 21/09/2014, 13:05 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengaku sudah berniat menaikkan banderol mobil murahnya, Agya paling lambat Oktober 2014. Kenaikan ini, dilakukan setelah pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mengizinkan kenaikan untuk Daihatsu lebih besar 6,6 persen, sebagai produsen pertama LCGC di Indonesia.

"Kalau Oktober seharunsya sudah naik harganya, tetapi kami belum membicarakan lebih lanjut mengenai berapa kenaikan yang diputuskan nanti. Apakah plafon maksimal atau tidak," jelas Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran TAM kepada KompasOtomotif, Sabtu (20/9/2014).

Menurut Samulo, jika Toyota akhirnya memutuskan kenaikan plafon maksimal yang diizinkan pemerintah (6,6 persen), diprediksi tidak akan mengganggu daya beli konsumen. "Karena kenaikan ini praktis karena murni inflasi, jadi pengeluaran masyarakat pasti harusnya sudah bisa menyesuaikan," lanjut Samulo.

Dengan adanya izin kenaikan harga, maka lonjakan harga yang mungkin terjadi untuk varian terendah, E transmisi manual, yang dibanderol Rp 100,35 juta menjadi Rp 106,97 juta. Sedangkan, varian tertinggi Agya S TRD transmisi otomatis bisa jadi lebih mahal Rp 8,002 juta dari banderol saat ini, Rp 121,25 juta on-the road Jakarta.

"Kami masih pelajari apakah akan menaikkan secara bertahap atau sekaligus," tutup Samulo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.