Inilah Pameran Otomotif Senilai Rp 1 T Lebih

Kompas.com - 18/09/2014, 09:17 WIB
Persiapan para peserta IIMS 2014 Azwar Ferdian/KompasOtomotifPersiapan para peserta IIMS 2014
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, akan resmi dibuka hari ini, Kamis (18/9/2014), pukul 10.00 WIB, di JIExpo, Kemayoran Jakarta Pusat. Inilah potret kemajuan industri otomotif nasional sebagai salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

Tercatat ada 29 merek mobil penumpang dan tujuh mobil niaga yang ambil bagian di ajang IIMS 2014 ini. Belum lagi industri pendukung lain, seperti komponen dan aksesoris yang juga ambil bagian. Secara keseluruhan ada 286 perusahaan yang terlibat dalam IIMS tahun ini.

Bila dihitung secara kasar, pameran ini bernilai ratusan miliar rupiah lebih. Setiap ATPM yang berpartisipasi, harus menggelontorkan banyak dana, baik untuk penyewaan ruang, pembangunan booth atau keperluan teknis lainnya sampai bisa ambil bagian di IIMS 2014.

"Puluhan miliar mungkin modalnya buat ikut IIMS. Kasarnya, menyewa layar besar saja satu hari bisa Rp 100 juta, dikali 11 hari gelaran berarti sudah mengeluarkan dana sebesar Rp 1,1 miliar, baru untuk keperluan layar. Belum sewa tempat, biaya kontraktor yang membangu stan. Mungkin bila diandai-andai, perlu dana sedikitnya Rp 20 miliar," jelas sumber saat berbincang dengan KompasOtomotif.

Bila satu ATPM mengeluarkan dana Rp 20 miliar, dikali 36 peserta yang ikut maka total terkumpul Rp 720 miliar, belum lagi industri pendukung lainnya yang juga harus mengeluarkan uang. Bila ditotal, mungkin nilai IIMS 2014 mencapai Rp 1 triliun lebih. Belum lagi nilai puluhan mobil yang dipajang.

Rencananya, pembukaan IIMS tahun ini akan dilakukan oleh Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. Tahun lalu, peresmian dilakukan langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono, dan hadir juga Wagub DKI Jakara, Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X