Mitsubishi Indonesia Siapkan MPV Sejuta Umat

Kompas.com - 16/09/2014, 17:28 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif — Mitsubishi Motor Corporation (MMC) sudah mengumumkan rencana pembangunan pabrik yang akan mulai beroperasi pada 2017. Pabrik baru tersebut akan memproduksi model terbaru, MPV sejuta umat.

Seperti disampaikan langsung oleh Osamu Masuko, Chairman and CEO of MMC, pabrik baru Mitsubishi ini menelan investasi sebesar 600 juta dollar AS atau setara dengan Rp 7,18 triliun. Selanjutnya, akan ada tiga model yang diproduksi di pabrik baru tersebut.

"Kami akan memproduksi small MPV, lalu L300 dan juga T120SS. Tiga model tersebut yang akan menjadi andalan kami untuk meningkatkan penjualan di Indonesia," ujar Masuko kepada wartawan, di kantor pusat PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), di Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Meski terbilang jauh tertinggal dari produsen lain dalam segmen LMPV, Mitsubishi masih optimistis bisa mendapatkan pangsa pasar. Masuko memprediksi, pada 2017, angka penjualan mobil di Indonesia akan mencapai 1,4 juta atau 1,5 juta unit. Dari jumlah total tersebut, MPV memegang pangsa pasar 30 persen atau di angka 400.000 sampai 500.000 unit. "Small MPV Mitsubishi setidaknya bisa mengambil 60.000 unit dari total pasar MPV," kata Masuko.

Ekspor ke tiga negara
Masuko melanjutkan, rencana produksi mobil multiguna kecil di pabrik baru ini mencapai 80.000 unit per tahun, tetapi tidak semuanya akan diserap oleh pasar nasional. MMC juga membidik kesempatan ekspor model terbarunya itu ke tiga negara tetangga.

"Indonesia bisa menyerap 60.000 unit per tahun, sedangkan sisanya, 20.000 unit, akan dieskpor ke Thailand, Filipina, dan Vietnam," tutup pria Jepang yang sempat memimpin Mitsubishi di Indonesia ini pada periode 1997 sampai 2002 lalu.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.