Dibutuhkan Segera, Desainer Mobil Asli Indonesia

Kompas.com - 11/09/2014, 17:00 WIB
Mark Wijaya, desainer PT Astra Daihatsu Motor yang menciptakan goresan Daihatsu Ayla. KompasOtomotif-donny aprilianandaMark Wijaya, desainer PT Astra Daihatsu Motor yang menciptakan goresan Daihatsu Ayla.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Divisi Research & Develpoment (R&D) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersiap ”lepas landas” menuju pengakuan internasional. Demi mewujudkannya, sumber daya manusia mulai ditambah, termasuk mempertahankan dan membimbing para desainer untuk merancang mobil-mobil masa depan.

Namun masalahnya, tidak banyak desainer asli Indonesia yang satu visi dengan perusahaan untuk membangun divisi desain kelas dunia. Executive Officer R&D ADM Pradipto Sugondo, (8/9/2014), mengatakan bahwa mencari desainer yang benar-benar punya passion sangat sulit.

”Supaya mampu berbicara di tingkat internasional dan take-off semakin besar harus punya visi yang sama. Kebanyakan desainer di Indonesia memikirkan karir. Kami benar-benar mencari orang yang tujuannya khusus membidangi perancangan mobil serta mau membuka diri,” tukas Pradipto.

Satu visi
Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra juga menambahkan, bahwa sebenarnya banyak orang Indonesia yang punya kemampuan untuk mendesain mobil. Namun, setelah dilakukan tes psikologi, banyak yang gagal karena tujuannya bukan benar-benar ingin menjadi desainer.

”Padahal kami sudah menyiapkan jenjang khusus untuk menjadi pimpinan jika memang punya passion yang besar di bidan desain. Misalnya, mereka nanti bisa mencapai level Chief Designer. Ini selevel Direktur lho. Dan di luar negeri sudah sangat dihormati,” tegas Amelia.

KompasOtomotif-donny apriliananda Tim desain PT Astra Daihatsu Motor.

Itulah sebabnya, Amelia menambahkan, tidak mudah mewujudkan mimpi mempunyai divisi desain yang besar. Padahal, menurutnya, untuk mewujudkan mobil-mobil khusus untuk Indonesia, butuh orang-orang lokal yang memahami kemauan masyarakat.

Kualifikasi
Saat ini, divisi desain R&D ADM mempunyai 130 engineer. Tahun ini, ditargetkan bertambah menjadi 150 orang. Pencarian terus berlanjut, khususnya untuk lulusan S1 Mesin Konstruksi, non-mesin seperti Teknik Elektro, Metalurgi, atau spesialis desain lulusan Desain Produk dan Seni Rupa.

Prestasi yang sudah terwujud adalah munculnya Daihatsu Ayla yang merupakan hasil tangan terampil Mark Wijaya, salah satu desainer ADM. Mobil-mobil konsep yang akan muncul di IIMS 2014 nanti juga merupakan racikan mereka.

”Yang kami cari adalah ekspertis, bukan generalis. Analoginya adalah rumah sakit. Ada dokter spesialis penyakit dalam, kenapa harus mengejar direktur rumah sakit? Lebih bergengsi sebagai dokter spesialis karena akan lebih fokus,” timpal Pradipto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.