Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Toyota Indonesia Naik Tipis

Kompas.com - 11/09/2014, 08:06 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota membukukan total penjualan 282.593 unit periode Januari—Agustus 2014, naik 1,2 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya 279.151 unit. Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengaku, masih bersyukur terhadap konsistensi kinerja penjualan sepanjang delapan bulan pertama tahun ini.

Industri otomotif di Indonesia, menurut Samulo, terus meningkat setiap tahun, dan diiringi dengan makin ketatnya kompetisi. Hal tersebut ditandai dengan hadirnya berbagai produk baru di pasar. Kondisi ini, dinilai sebagai suatu tantangan untuk terus melakukan inovasi sesuai kebutuhan dan tren pasar terkini.

"Salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan sejumlah produk baru dan penyegaran terhadap beberapa line-up lain,” jelas Samulo dalam keterangan resminya (10/9/2014).

Hingga kini, Toyota sudah memperkenalkan sejumlah produk baru ke pasar, antara lain Corolla Altis, Yaris, Fortuner 4x4 Diesel, Avanza Luxury, serta penyegaran pada NAV1. Perusahaan berharap hingga akhir tahun performa bisa dijaga supaya tetap konsisten.

Penyelamat
Hasil positif yang tetap berhasil diraih Toyota delapan bulan pertama tahun ini, tak bisa dilepaskan dari model-model penyelamat. Terutama di segmen mobil kompak, di mana terdapat mobil murah (LCGC) Agya. Juga disokong kehadiran Etios Valco dan Yaris. Ketiga model ini dijumlah mencatatkan penjualan 66.106 unit.

Agya menjadi penopang utama penjualan di segmen ini dengan sumbangan 46.399 unit sekaligus menguasai pangsa pasar hingga 43,7 persen. Yaris terjual 12.501 unit atau mempimpin segmen hatchback dengan menikmati pangsa pasar 33,7 persen dan Etios Valco 7.204 unit (23,6 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com