Penjualan Toyota Indonesia Naik Tipis

Kompas.com - 11/09/2014, 08:06 WIB
Booth Toyota di IIMS 2013 Zulkifli BJBooth Toyota di IIMS 2013
|
EditorAris F. Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota membukukan total penjualan 282.593 unit periode Januari—Agustus 2014, naik 1,2 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya 279.151 unit. Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo mengaku, masih bersyukur terhadap konsistensi kinerja penjualan sepanjang delapan bulan pertama tahun ini.

Industri otomotif di Indonesia, menurut Samulo, terus meningkat setiap tahun, dan diiringi dengan makin ketatnya kompetisi. Hal tersebut ditandai dengan hadirnya berbagai produk baru di pasar. Kondisi ini, dinilai sebagai suatu tantangan untuk terus melakukan inovasi sesuai kebutuhan dan tren pasar terkini.

"Salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan sejumlah produk baru dan penyegaran terhadap beberapa line-up lain,” jelas Samulo dalam keterangan resminya (10/9/2014).

Hingga kini, Toyota sudah memperkenalkan sejumlah produk baru ke pasar, antara lain Corolla Altis, Yaris, Fortuner 4x4 Diesel, Avanza Luxury, serta penyegaran pada NAV1. Perusahaan berharap hingga akhir tahun performa bisa dijaga supaya tetap konsisten.

Penyelamat
Hasil positif yang tetap berhasil diraih Toyota delapan bulan pertama tahun ini, tak bisa dilepaskan dari model-model penyelamat. Terutama di segmen mobil kompak, di mana terdapat mobil murah (LCGC) Agya. Juga disokong kehadiran Etios Valco dan Yaris. Ketiga model ini dijumlah mencatatkan penjualan 66.106 unit.

Agya menjadi penopang utama penjualan di segmen ini dengan sumbangan 46.399 unit sekaligus menguasai pangsa pasar hingga 43,7 persen. Yaris terjual 12.501 unit atau mempimpin segmen hatchback dengan menikmati pangsa pasar 33,7 persen dan Etios Valco 7.204 unit (23,6 persen).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.