Trio Konsep Andalan Toyota di IIMS 2014

Kompas.com - 09/09/2014, 17:38 WIB
Toyota FCV Concept di Tokyo Motor Show 2013. Pemerintah Jepang akan memberi subsidi untuk pembelian mobil berenergi hidrogen. LeftlanenewsToyota FCV Concept di Tokyo Motor Show 2013. Pemerintah Jepang akan memberi subsidi untuk pembelian mobil berenergi hidrogen.
|
EditorDonny Apriliananda

Jakarta, KompasOtomotif – Selain mengandalkan model-model yang sudah dipasarkan di tanah air, Toyota Indonesia juga memboyong tiga model konsep ke lantai IIMS 2014. Ketiganya, masih berupa prototipe yang penuh dengan teknologi baru sebagai kendaraan masa depan.

Berikut model-model konsep andalan yang coba KompasOtomotif beberkan lewat penjelasan singkat berikut ini:

FCV
Mobil konsep ini pertama kali diperkenalkan Toyota di Tokyo Motor Show, November 2013 lalu. Kendaraan dibekali teknologi baru "fuel cell" berbahan bakar gas hidrogen. Melalui proses kimia, teknologi ini mengubah gas menjadi listrik yang kemudian digerakkan motor. Gas buang yang dihasilkan hanya air sehingga dianggap ramah lingkungan.

”FCV merupakan kendaraan dengan teknologi masa depan sebagai Next Hybrid yang siap menemani konsumen dalam memberikan zero emission untuk lingkungan, sekaligus menjawab isu krisis energi ke depan,” jelas Rahmat Samuli, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) di Jakarta Selatan, Selasa (9/9/2014).

Inilah model pertaruhan Toyota sebagai pionir teknologi fuel cell. Bahkan, model ini siap dipasarkan secara massal di Jepang, mulai April 2015, disusul ke Amerika Serikat, lalu Eropa pada musim panas tahun depan. "Indonesia cukup beruntung bisa memajang model ini di IIMS, karena di negara ASEAN lain belum pernah dipamerkan sebelumnya," beber Samulo.

Autoblog Toyota FT-1.

FT-1
Konsep kedua yang ditampilkan adalah mobil sport FT-1. Mobil balap ini mewarisi semangat Waku Doki yang syarat akan warisan balap Toyota terdahulu 2000GT, Celica, dan Supra. Mobil ini didesain oleh Calty Design Research di Newport Beach, California bekerjasama dengan Polyphony Digital yang terkenal sebagai developer game simulasi balap Gran Turismo.

Untuk merasakan sensasi mobil balap ini, Toyota juga akan menghadirkan tiga unit simulator yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Autoblog Toyota FV2.

FV2
Konsep ketiga yang diboyong Toyota tahun ini, FV2, kendaraan berkonsep "Personal Mobility" yang menghadirkan konektivitas antara kendaraan dengan pengendara. Kendaraan berpenumpang satu ini bisa menggambarkan suasana hati penumpang yang menggunakannya.

Toyota secara berkelanjutan menghadirkan kendaraan Personal Mobility pada perhelatan IIMS yang lalu, seperti i-Unit yang sempat digunakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2007 lalu, kemudian i-Real dan Whee. Serta Fun-Vii pada 2013 yang menghadirkan fun dan excitement dengan desain yang unik.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X