Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Preview IIMS 2014

Ini Deretan Mobil Baru di IIMS 2014 [1]

Kompas.com - 09/09/2014, 08:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Target Indonesia International Motor Show (IIMS) terus meninggi. Bukan sekadar menjadi tolok ukur perkembangan otomotif di Indonesia, tapi juga di ASEAN. Tahun ini, pameran yang sudah digelar 22 kali itu punya banyak kejutan. Dari 36 merek anggota Gaikindo yang menyatakan keikutsertaannya, semua punya modal menarik perhatian.

IIMS 2014 yang akan digelar 18-28 September di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, terus berusaha mendekati pameran berskala besar dunia seperti Frankfurt, Geneva, Paris, Detroit, dan Tokyo. Cita-citanya, menjadi tolok ukur di wilayah Asia selain Tokyo dan China.

Pasar otomotif Indonesia yang menarik sangat menggiurkan para investor menanamkan modalnya, dan memicu produsen meluncurkan produk berteknologi terbaru. Maka tidak heran bila di IIMS akan ramai didatangi model-model gres, baik yang statusnya debut di Indonesia atau "world premiere”.

Berikut berbagai informasi mobil-mobil baru di IIMS 2014 yang KompasOtomotif rangkum dari merek Jepang, Korea Selatan, dan India. Untuk merek Eropa dan Amerika Serikat diulas di artikel bagian ke-2.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Daihatsu UFC3 yang bakal pamer diri di IIMS 2014

Daihatsu
Total model display di stan Daihatsu ada 13 unit. Tujuh di antaranya adalah hasil modifikasi dari model yang sudah dipasarkan, yakni Luxio Sloper, Xenia Indigo, Terios Spirit, 2 unit Sirion Dress-Up, Gran Max Caravan, dan Gran Max Minibus. Sisanya adalah enam model konsep, yaitu CUV-2, SUV, Ayla GT2, 2 unit Copen terbaru, dan calon "mobil murah" UFC3.

Datsun
Konsep Redi-Go yang pernah KompasOtomotif saksikan di Delhi Auto Expo, Februari lalu, datang ke IIMS 2014. Model ini adalah calon mobil "termurah” Datsun yang akan menempati kelas di bawah hatchback Go.

Agung Kurniawan Honda NSX di IIMS 2013

Honda
Pintu pemesanan segera dibuka setelah Honda memperkenalkan sekaligus membeberkan harga jual HR-V. Versi tuner Mugen dan Modulo juga bakal dipamerkan. Pada IIMS 2013 lalu, prototipe supercar NSX telah mengisi satu spot di stan Honda. Tahun ini, NSX datang kembali dalam wujud produksi.

Kia
Kia pernah mengatakan tidak akan menampilkan model baru di IIMS, tapi bukan berarti tanpa modal karena telah disiapkan edisi penyegaran dan versi modifikasi dari model yang sudah dipasarkan. Kabarnya MPV Sedona (Carnival) dan sedan Forte sedang dalam ancang-ancang meluncur tahun depan, saat ini masih menunggu versi setir kanan diproduksi di Korea Selatan.

Mazda
Kabar All-New Mazda2 bakal datang ke IIMS KompasOtomotif dapatkan saat berkunjung ke sirkuit Tokachi International Speedway, Hokkaido, Jepang, Agustus lalu, sekaligus menjajal performa mesin 1.5L Skyactiv.  Indonesia menjadi negara kedua yang akan melihat secara langsung All-New Mazda2 setelah Jepang.

Mitsubishi
Sejak Mei lalu, berhembus kabar Mitsubishi masih punya dua model tambahan tahun ini, yakni Mirage Limited dan MPV baru berkarakter off-road Delica. Keduanya diperkirakan muncul di IIMS 2014. Bukan tidak mungkin Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric) juga akan ditampilkan kembaliTapi satu hal yang pasti, Mitsubishi AR Concept juga melantai.

KompasOtomotif-Donny Tampilan Nissan X-Trail terbaru tak lagi mengotak

Nissan
Setelah Murano diputuskan tidak lagi dipasarkan, All-New X-Trail yang akan diluncurkan di IIMS 2014 akan menjadi SUV tertinggi Nissan di Indonesia. Model yang sekarang punya kapasitas 7-penumpang ini sudah KompasOtomotif rasakan langsung di Sirkuit Autopolis, Fukuoka, Jepang, Juni lalu. Selain itu, Nissan juga akan meluncurkan Elgrand dan Juke versi terbaru serta All-New Nissan Navara.

Febri Ardani Infiniti Q50 2.0L dan 3.5L sedang

Infiniti
Sedan Q50 telah dipastikan meluncur di IIMS. Sebelumnya, dua varian yakni 2.0L dan 3.5 hibrida sudah nongkrong sambil bersiap tampil di satu-satunya dealer Infiniti Indonesia yang terletak di Jakarta Selatan. Versi 2.0L plus turbocharger akan menjadi model termurah, prediksi harganya Rp 800-900 juta.

Suzuki
Booth Suzuki akan menampilkan 18 mobil, salah satunya adalah kasta tertinggi Karimun Wagon R, Stingray. Di Indonesia varian ini akan dikenal dengan sebutan GS. Selain itu Suzuki juga mendatangkan hatchback Celerio dengan mesin 1.0L, calon pengganti SX-4 yakni S-Cross, model konsep Hustler, serta meluncurkan APV Luxury 2.

Subaru
Subaru mengatakan, All-New Subaru WRX dan WRX STI, dan crossover XV edisi performa bakal hadir di IIMS 2014. Kejutannya, konsep Viziv dan Forester Cutaway juga akan melantai untuk pertama kalinya di ASEAN.

Autoweek Toyota FT-1 Concept Saat diperkenalkan di Detroit Auto Show 2014

Tata Motors
Ada 28 unit kendaraan bermerek Tata Motors di IIMS 2014 yang terdiri dari mobil penumpang dan komersial. Tampil agresif dengan membawa SUV Concept Nexon, Zest, PRIMA 4023 dan Prima 4028, Xenon CNG, serta Tata Aria A/T.  Selain itu, IIMS 2014 akan menjadi kelahiran Tata Prima Truck.

Toyota
Tersirat kabar Toyota akan menampilkan mobil konsep berteknologi fuel cell FCV, Fun Vii, dan mobil sport masa depan FT-1. Berita selanjutnya, RAV4 dan Innova dengan penampilan lebih segar akan diperkenalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com