Ini Mobil Hasil Kerja Sama Toyota, Subaru, dan Daihatsu Berbanderol di Bawah Rp 100 Juta

Kompas.com - 08/09/2014, 07:40 WIB
Toyota, Subaru, dan Daihatsu meluncurkan truk kompak baru hasil kerja sama ketiganya. LeftlanenewsToyota, Subaru, dan Daihatsu meluncurkan truk kompak baru hasil kerja sama ketiganya.
|
EditorAris F. Harvenda

Tokyo, KompasOtomotif — Toyota, Subaru, dan Daihatsu secara bersamaan meluncurkan truk kompak baru dengan nama yang berbeda di Jepang pada awal September lalu. Diberi nama Toyota Pixis, Subaru Sambar, dan Daihatsu Hijet, ketiganya kembar identik, hanya beda emblem.

Pixis/Sambar/Hijet dikembangkan oleh merek spesialis mobil kompak milik Toyota, yaitu Daihatsu. Harganya di Jepang 5.757 dollar Amerika atau Rp 68 juta. Hijet telah masuk dalam line up Daihatsu sejak 1960.

Sebelum Toyota membeli 20 persen saham Subaru, Sambar telah menjadi bagian pabrikan berciri khas sistem gerak empat roda itu sejak 1961. Pada 2012, generasi penerus Sambar menggunakan basis yang sama dengan Hijet. Sedangkan Toyota Pixis baru mulai dipasarkan sejak 2011.

Mesin
Dilengkapi mesin 3-silinder, DOHC, 660cc, bertenaga 63 PS. Kemampuannya sebagai “mobil kerja” boleh jadi diragukan, tetapi tenaga itu cukup mumpuni buat menggerakkan bodi yang hanya seberat 739 kg. Dijelaskan, spesifikasi ini menyesuaikan regulasi Jepang terhadap kei truck.

Terdapat pilihan transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan. Dari hasil uji resmi, tingkat keiritan bahan bakar diklaim mencapai 19,55 kpl.

Di Jepang, truk kompak sangat populer. Keunggulannya ada pada kekuatan dan ketahanan. Banyak digunakan untuk angkut barang mulai dari bidang pertanian hingga kebutuhan perkotaan. Banyak pabrikan yang menginvestasikan dana untuk mengembangkan model seperti ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X