Yamaha R25 Libas Ninja 250R Hanya dalam 2 Bulan

Kompas.com - 07/09/2014, 12:30 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif — Hanya butuh dua bulan bagi Yamaha untuk merebut takhta sepeda motor sport bergaya supersport alias full fairing dari tangan Kawasaki. Di segmen ini, praktis hanya tiga model sepeda motor yang bersaing, yakni Kawasaki Ninja250R, Honda CBR250R, dan yang terakhir masuk ke pasar Yamaha R25.
 
Mengacu pada data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) yang diterima KompasOtomotif, Jumat (5/9/2014), Yamaha baru mulai memasarkan model terbarunya, R25, ke pasar domestik mulai Juli 2014. Kini, baru dua bulan pemasaran, Yamaha langsung berhasil menjungkalkan Kawasaki yang sudah bertahun-tahun berkuasa di segmen ini.
 
Data wholesale Agustus 2014, Yamaha berhasil menjual 2.202 unit R25, meninggalkan Kawasaki yang cuma melego 2.159 unit saja. Menariknya lagi, Yamaha hanya menawarkan R25 dalam satu varian saja, sementara Kawasaki melego Ninja 250R dalam dua pilihan, yaitu versi ABS yang terjual 1.714 unit dan non-ABS (445 unit).
 
Sedangkan Honda, yang mengandalkan CBR250R, hanya mampu menjual 152 unit, terdiri dari versi ABS 116 unit dan non-ABS (36 unit). Kekalahan Honda cukup dimaklumi karena mempunyai spesifikasi mesin yang berbeda, yakni satu silinder. Sementara R25 dan Ninja 250R menggunakan mesin dua silinder.
 
Kembali mengacu pada data AISI, periode delapan bulan pertama tahun ini tercatat, total penjualan sepeda motor sport mencapai 756.979 unit. Dari jumlah itu, hanya 27.706 unit disumbang oleh sepeda motor sport bermesin 250 cc (semua model dan merek) atau 3,6 persen dari total. Dominasi penjualan masih disumbang kelas 150cc, dengan 716.333 unit atau 94,6 persen terhadap total sport.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.