Mobil Dinas Presiden

Soal Mobil Kepresidenan Jokowi, Toyota Tunggu "Request" Pemerintah

Kompas.com - 02/09/2014, 08:00 WIB
Toyota Kijang Innova yang dipakai oleh Jokowi ke Balaikota kompas.com-FabianToyota Kijang Innova yang dipakai oleh Jokowi ke Balaikota
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Kegemaran Presiden RI terpilih Joko Widodo menggunakan Toyota Kijang Innova, memunculkan wacana kalau Innova bisa jadi mobil dinas kepresidenan. Hanya saja, banyak faktor yang harus dipikirkan terutama segi keamanan kendaraan untuk melindungi keselamatan presiden.

Semasa menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi (sapaan akrab Joko Widodo) memang memilih Innova sebagai kendaraan andalan harian. MPV ini dianggap nyaman untuk menunjang aktivitas blusukan yang kerap dilakukan Jokowi.

Jokowi mengaku masih mencoba jenis mobil yang cocok untuk blusukan saat nanti telah berstatus sebagai presiden. Kijang Innova yang selama ini akrab dengan Jokowi saat menjabat sebagai Gubernur DKI, ternyata masuk dalam pertimbangan Jokowi.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Suparno Djasmin menyatakan, Toyota hanya menunggu permintaan dari pemerintah, bila memang menginginkan Innova dijadikan sebagai salah satu mobil dinas presiden.

"Intinya sekarang kami menunggu permintaan dari pemerintah. Saya belum tahu bagaimana, karena memang tidak ada permintaan, kalau memang diminta pasti kita akan carikan, karena pemerintah yang lebih tahu spesifikasinya seperti apa," ujar Suparno saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (1/9/2014).

Abong (sapaan Suparno) menambahkan, sebagai mobil presiden tentunya kemampuan dan keamanan mobil harus ditambah. Semua itu akan disesuaikan dengan ketentuan standar safety yang bisa melindungi presiden.

"Kalau memang bisa kita ubah sendiri, pasti kami akan lakukan di dalam. Tapi kalau tidak bisa, kita akan carikan spesifikasi yang cocok dari luar. Sebagai mobil presiden tentunya ada hierarki dan ketentuannya," lanjut Abong.

Sebelumnya sudah sempat dibahas bahwa bisa saja Innova menjadi mobil dinas presiden, dengan sederet ubahan yang dilakukan. Seperti bodi harus di-reinforce ulang agar seluruh bodi dan rangkanya mampu menopang komponen-komponen pelindung.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X