Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Gampang Dandani Skutik Retro

Kompas.com - 29/08/2014, 17:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Skutik model retro yang sudah punya penampilan unik sangat identik dengan gaya hidup, termasuk mendandani sepeda motor. Jika ingin tampil semakin berbeda dengan lainnya, ada cara instan untuk mendongkrak penampilan, yakni dengan memasang aksesori modifikasi ringan.

Untuk ini, produsen sepeda motor biasanya sudah menyediakan berbagai pilihan aksesori modifikasi. Dengan harga relatif terjangkau, pengguna dan penghobi retro tinggal memasangnya tanpa khawatir ukuran tak sama atau tidak presisi.

Tren ini dirasa mudah tanpa tanpa dikhawatirkan pula sisi keamanan (safety). Pasalnya, pabrik atau produsen sepeda motor sudah mengukur sedemikian rupa aksesori tambahan untuk modifikasi untuk tidak meninggalkan unsur safety.

Fino
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) misalnya, menyediakan total 22 aksesori yang bisa dibeli secara terpisah untuk pengguna Fino injeksi Premium maupun Sporty. Bahkan ada yang dijual lengkap dengan aksesori yang sudah menempel, meski harus merogoh kocek lebih dalam, dengan label edisi spesial.

Disiapkan 12 jenis aksesori khusus untuk Fino Premium dan 10 aksesori untuk tipe Sporty. Kalau mau memboyong semuanya, untuk aksesori Fino Premium dibanderol Rp 1,885 juta. Sedangkan untuk tipe Sporty lebih murah, Rp 1,185 juta.

Kalau ingin lebih murah, bisa dibeli satuan dengan harga bervariasi, mulai Rp 80.000 hingga Rp 300.000. Pernak-pernik di antaranya tas kulit, pelapias krom dan stainless di beberapa bagian, sampai peranti untuk memudahkan penggunaan sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com