Kompas.com - 29/08/2014, 15:54 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Mempunyai mobil ”sejuta umat” seperti Toyota Avanza harus punya ciri khas agar tak sama dengan lainnya. Ketika banyak modifikator lain memilih permak tampang, Antonius Dwi Nurhayanto justru sebaliknya, fokus menaikkan level performa di atas rata-rata.

Kendati demikian, bukan berarti penampilan dibiarkan terlantar. Anton, sapaan karibnya, sudah memberikan beberapa sentuhan eksterior yang mengarah ke nuansa elegan, termasuk pemakaian pelek stylish, penggunaan aksesori lampu depan, dan stiker pada bodi .

”Mesin Avanza sudah terbukti sangat bandel dan punya tenaga yang lebih dari cukup. Tapi saya hobi mengutak-atik dan ingin membedakan dengan Avanza lainnya di sektor selain eksterior, meski bukan buat kebut-kebutan apalagi balapan,” kata Anton.

Roderick A. Moses/KompasOtomotif Ubahan ringan pada mesin agar performa meningkat

Untuk mendapatkan performa di atas rata-rata, bagian mobil di balik kap ini mendapat sentuhan khusus. Personalisasi pacu hanya sebatas penambahan aksesori aftermarket untuk menambah ”nafas” agar semakin mantap. Kendati demikian, penambahan tersebut tidak tergolong ekstrem.

”Karena performanya naik, saya memasang strut bar. Penginnya, saat menikung sokbreker depan jadi lebih rigid. Itu masih ditambah dengan stabilizer dan peranti suspensi performa lainnya. Semua pengerjaan sektor mesin dilakukan di bengkel BLX Performance, Setu, Cilangkap,” jelas Anton.

Rupanya tampang minimalis didukung performa yang lebih baik cukup menjadi tren di kalangan modifikator. Lebih mantap, tapi tetap irit. Penghobi futsal itu mengaku dengan ubahan yang cukup rumit di sektor mesin tak membuat Avanza jadi boros, bisa tembus 14 kpl. (ADV)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.