Skutik Retro Identik dengan Helm Khusus?

Kompas.com - 28/08/2014, 16:43 WIB
Keliling Jakarta bisa hanya dengan Rp 50 ribu. Yamaha IndonesiaKeliling Jakarta bisa hanya dengan Rp 50 ribu.
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif — Apa pun yang berhubungan dengan retro selalu dikaitkan dengan style, gaya hidup, dan sangat memperhatikan perlengkapan pendukung. Untuk poin terakhir, mudah ditemui pada pengguna skutik model ”jadul” yang muncul kembali sebagai tren di kalangan biker muda. Aksesori sepeda motor khusus dipakai, termasuk helm berkaca bulat yang dianggap mewakili kesan masa lalu.

Kepada KompasOtomotif, Budiyanto, salah satu penjaga toko helm di Jalan Otista, Jakarta Timur, mengatakan bahwa pengguna skuter model retro suka mencari helm dengan desain serupa.

”Kalau dulu banyak yang pakai helm model bulat plus kacamata penahan angin, sekarang banyak desain baru. Sejak datangnya skutik Jepang model retro, banyak helm model jadul yang kesannya lebih modern,” terang pria yang akrab disapa Yanto itu, Kamis (28/8/2014).

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Helm yang dijual untuk memenuhi style pengguna skutik retro.
Helm model baru yang dimaksud adalah desain cangkang bulat dengan grafis sederhana. Biasanya dipasangi stiker gambar bintang, strip, atau angka. Warna helm dibuat ngejreng, atau dipilih sesuai warna sepeda motor. Kaca juga membulat dengan aneka macam warna.

Apa yang dikatakan Yanto berbanding lurus dengan kebijakan pemegang merek yang selalu memasangkan pembelian skutik model retro dengan helm modis. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang mengandalkan Fino di segmen ini juga menyediakan helm khusus.

Helm ini bisa didapatkan secara gratis dari setiap pembelian Yamaha Fino tipe apa pun. Tetapi belakangan, YIMM memberikan banyak variasi model helm untuk pengguna Fino seperti yang dijual di berbagai dealer utama. Helm-helm yang lebih keren ini dibanderol tak mahal, antara Rp 200.000-Rp 300.000, tentu dengan standar keamanan SNI.

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X