Harga Mobil Baru di Malaysia Bakal Lebih Murah

Kompas.com - 28/08/2014, 10:00 WIB
Dibilang serupa, tetapi tidak sama. Theophilus Chin/Paultan/Kompas.comDibilang serupa, tetapi tidak sama.
|
EditorAzwar Ferdian

Kuala Lumpur, KompasOtomotif - Insititusi Otomotif Malaysia (MAI) berupaya terus mengurangi rata-rata harga mobil baru di Malaysia. Chief Executive Officer MAI Madani Sahari mengatakan, saat ini rata-rata harga mobil sudah pada jalur yang tepat dengan menuju pengurangan harga sampai 25 persen pada 2018.

Tahun ini, jelas Madani, mobil-mobil yang diluncurkan ke pasar harganya sudah lebih murah 7 sampai 19 persen dari harga sebelumnya. Menurut harian The Sun, dilansir Paultan (27/8/2014), setiap tahunnya MAI menargetkan terjadi penurunan rata-rata harga mobil baru. Tahun ini ditargetkan mencapai lima persen, menyusul penurunan 4,9 persen pada 2013.

"Salah satu alasan utama kami adalah persaingan pasar karena pemerintah punya kebijakkan liberal pada industri otomotif. Ketika terjadi kompetisi pasar, para pemain harus ikut ambil bagian, dalam hal penentuan harga jual," beber Madani.

Selain itu, penurunan rata-rata harga mobil baru di Malaysia juga berpengaruh positif dalam mempertahankan nilai jual mobil bekas. Sekaligus memberikan para produsen mobil waktu yang cukup dan kesempatan untuk memaksimalkan kegiatan operasional mereka, mengurangi ongkos produksi, melalui penghematan, dan meningkatkan kualitas dan produktivitas.

Di sisi lain, Madani mengatakan MAI berharap penjualan mobil di Malaysia pada September sampai akhir tahun bisa meningkat. Salah satunya dengan hadirnya model baru Perodua Axia dan Proton yang segera melepas mobil kompak terbarunya. Tahun ini total penjualan mobil diprediksi menembus 670.000 unit dan di 2015 diharapkan bisa menjadi 700.000 unit.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X