Mobil Listrik Wajib Pakai Nopol Khusus

Kompas.com - 28/08/2014, 09:20 WIB
Pembeli NIssan Leaf setelah 1 April gratis isi ulang selama 2 tahun. AutoevolutionPembeli NIssan Leaf setelah 1 April gratis isi ulang selama 2 tahun.
|
EditorAzwar Ferdian

Rhode Island, KompasOtomotif - Gencarnya kampanye pemasaran kendaraan hibrida dan listrik, membuat kita percaya bahwa ini adalah alternatif terbaik buat kehidupan manusia. Selain lebih irit, ramah lingkungan, mobil listrik dan hybrid juga dipercaya sebagai kendaraan masa depan.

Tapi, pihak berwenang di Rhode Island, Amerika Serikat menganggap mobil hibrida dan listrik sebagai kendaraan yang "spesial". Pasalnya, dengan menggunakan listrik sebagai asupan utama tenaga atau setidaknya menghantarkan listrik, dianggap ada risiki bahaya pada manusia. Terutama jika terjadi kecelakaan dan ada orang yang mau membantu mengeluarkan penumpang yang terjebak di dalam kabin.

Bukannya menolong, dikhawatirkan orang yang mencoba membantu bisa tersengat listrik hingga merenggut nyawanya. Dengan alasan ini, maka para penerbit kebijakkan di pemerintah daerah Rhode Island memutuskan untuk mengeluarkan peraturan baru terkait mobil listrik.

Peraturan ini akan membedakan nomor polisi (plat) setiap mobil berteknologi listrik dan hibrida dengan kendaraan bermesin konvensional. Dengan plat yang berbeda, orang bisa mengetahui risiko apa yang dihadapinya saat hendak menolong korban kecelakaan yang melibatkan mobil ramah lingkungan itu.

Pembedaan plat juga dilakukan karena semakin banyak produsen memasarkan mobil bertekologi hibrida atau listrik. Mungkin, bagi sebagian orang, Toyota Prius, Nissan Leaf, atau Tesla Model S sudah banyak dikenal orang, tapi masih banyak produk lain di pasar. 

Kebijakkan ini diusulkan oleh Senator Rhode Island Edward O'Neill dan baru saja diresmikan menjadi peraturan baru oleh Gubernur Lincoln Chafee, Juli lalu.

"Memang tidak terlalu banyak yang tahu kalau orang bisa tersengat oleh mobil listrik. Tapi, ketika informasi ini mulai terdengar, saya mau lebih proaktif pada masalah tersebut," beber O'Neill pada media lokal Vally Breeze, dilansir Automobile (27/8/2014).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.