Keren, BMW i8 Jadi "Safety Car"

Kompas.com - 22/08/2014, 08:00 WIB
BMW i8 jadi safety car Formule E WorldcarfansBMW i8 jadi safety car Formule E
|
EditorAris F. Harvenda
Donington, KompasOtomotif - Ada yang berbeda pada ajang balap FIA Formula E Championship di Donington Park, Inggris. Mobil sport plug-in hybrid, BMW i8, didapuk jadi safety car untuk pertama kali di kalender resmi Fédération Internationale de l'Automobile (FIA).

Penugasan i8 menjadi mobil pengawal balapan memang belum diumumkan secara resmi. FIA akan melengkapi evaluasi dan memproses persetujuan, hingga benar-benar akan digunakan di Formula E.

Seperti dilansir Worldcarfans, Jumat (22/8/2014), i8 spesial ini akan menggunakan perangkat teknologi Qualcomm Halo untuk pengisian ulang baterai tanpa kabel. Cara kerjanya sederhana, alat pengisian dipasang di bagian bawah mobil, lalu dengan menggunakan resonansi induksi magnetik, bisa mentransfer energi dari sumber yang ada di pit stop.

i8 ini akan memiliki nama resmi yaitu Qualcomm Safety Car, dan dikendarai oleh driver profesional, Bruno Correia. Dia dikenal sebagai pengendara safety car di banyak ajang balap FIA sejak 2009 silam.

Kemampuan mumpuni
Sebagai mobil sport dengan teknologi hybrid plug-in, i8 punya spesifikasi dan kemampuan yang mumpuni. Menggunakan mesin TwinPower Turbo tiga silinder berkapasitas 1.5-liter, motor listrik dan baterai lithium-ion. Daya maksimum gabungan dari mesin dan motor listrik mencapai 362 tk, dengan akselerasi 0-100 kpj dalam 4,4 detik dan top speed dibatasi secara eletrik 250 kpj.

Efisiensi bahan bakar adalah kelebihan i8, dengan rata-rata pemakaian mencapai 2,1 liter per 100 kilometer. Mobil asal Jerman ini bisa melakukan perjalanan hingga 37 km hanya dengan mengandalkan daya listrik.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X