Laporan Langsung dari Australia

Teknologi Sabuk Keselamatan dari Ford

Kompas.com - 19/08/2014, 15:36 WIB
Demonstrasi penggunaan kantong udara pada seat belt untuk penumpang belakang KompasOtomotif-Aris HarvendaDemonstrasi penggunaan kantong udara pada seat belt untuk penumpang belakang
EditorAris F. Harvenda
Melbourne, KompasOtomotif - Ada terobosan baru dari Ford dalam hal keselamatan, terutama untuk penumpang belakang. Sabuk keselamatan pada penumpang belakang sudah dilengkapi dengan kantong udara. Tujuannya untuk mencegah cedera tulang yang dilewati oleh seat belt.

Konsentrasi pemasangan perangkat tersebut pada penumpang belakang dilandasi karena minimnya airbag di kabin belakang. Sementara untuk pengemudi dan penumpang depan hanya dipasangi sabuk keselamatan tanpa kantong udara. Sebab, keduanya sudah terlindungi oleh 3 lokasi airbag, depan, samping dan pilar.

Kantong udara tersebut mengembang ketika terjadi tabrakan dari depan dan samping. Ketika sensor menerima benturan cukup keras, maka secara otomatis dan dalam waktu yang amat singkat, udara ditembakan untuk mengembangkan kantong udara tersebut.

Untuk saat ini perangkat keselamatan pasif tersebut baru terdapat pada Explorer terbaru yang dijual di Amerika Serikat.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X