Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Knalpot Baru Ducati Panigale Khusus Jepang

Kompas.com - 16/08/2014, 09:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Sumber Motorcycle
Tokyo, KompasOtomotif - Jepang punya regulasi terkait kebisingan knalpot kendaraan. Peraturan ini membuat Ducati Panigale 1199 tidak bisa bebas berkeliaran di Jepang, karena suara yang menggelegar.

Ducati akhirnya melakukan revisi sistem gas buang pada Panigale 1199 agar sesuai dengan regulasi di negeri Matahari Terbit tersebut. Panigale sendiri sebenarnya resmi diperkenalkan sejak 2012 silam, tapi produsen motor sport asal Italia itu baru merevisi edisi khusus Jepang di 2014 ini.

Seperti ditulis Motorcycle, Jumat (15/8/2014), Panigale 1199 dengan knalpot baru ini tertangkap kamera sedang diuji. Ada dua saluran gas buang di bagian ujung, untuk menambah redaman suara, dan dilapis dengan bahan serat karbon. Crankcase juga diubah menggunakan tambahan penutup noise-supressing.

Ducati Panigale 1199 dirancang dan dibangun di Borgo Panigale, Bologna. Sepeda motor super ini memiliki mesin silinder kembar yang mampu memproduksi tenaga paling besar di antara sepeda motor sport lain. Dengan sasis monokok inovatif, daya yang disemburkan mencapai 195 tenaga kuda, dengan bobot sepeda motor hanya 164 kilogram.
 
Kecepatan tinggi juga diimbangi dengan perangkat seperti sistem rem ABS, Ducati Traction Control (DTC), Ducati Electronic Suspension (DES), Ducati Quick-Shift (DQS), Ducati Engine Brake Control (EBC) dan Ride-by-Wire (RBW).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com