Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Patenkan Model Petualang Berbasis MT-09

Kompas.com - 12/08/2014, 09:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Motorcycle

Alicante, KompasOtomotif – Yamaha mendaftarkan hak paten atas desain sepeda motor sport touring yang akan bermain di segmen kendaraan petualangan. Berdasarkan data Office for Harminization in the Internal Market (OHIM) atau lembaga pengawasan hak paten untuk Uni Eropa, model baru ini akan berbagi mesin dan rangka dengan streetfighter MT-09.

Kehadirannya kelak sudah sudah dinanti para pesaing seperti Suzuki V-Strom 1000 dan BMW yang juga melempar rumor datangnya S1000RR bermodel sport touring. Tampaknya mereka akan mengisi segmen tengah-bawah, karena sebagian besar model seperti ini mengadopsi mesin besar di atas 1200cc.

Jika dilihat dari foto-foto yang menyertai dokumen pematenan, bagian tengah ke bawah sama persis dengan MT-09. Posisi dan model setang membuatnya tampak lebih tinggi dan menawarkan posisi berkendara lebih tegak. Jok dinaikkan dengan boncenger terpisah. Di belakang ada semacam buntut yang biasa dipakai untuk meletakkan saddlebag.

motorcycle Trademark desain dari berbagai angle.

Tameng angin dan fairing minimalis menjadi peranti standar model sport touring. Tampak Yamaha sudah membekalinya dengan pengikat GPS atau bisa jadi sudah satu paket. Tangki bensin lebih besar untuk pemakaian jarak jauh. Perbedaan yang juga terlihat adalah munculnya standar tengah.

Dalam daftar pematenan, tidak ada indikasi soal penamaan. Tapi spekulasi bergulir bahwa Yamaha akan mencari nama dari para pemain lama. Misalnya, TDM900, model serupa yang sudah pernah nongol pada 1991 silam. Seperti isu lainnya, model ini bisa jadi muncul di Intermot, Jerman, atau EICMA, Milan, tak lama lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com