Yamaha R25 Terus Menggerus Pasar Ninja250R

Kompas.com - 12/08/2014, 08:00 WIB
Yamaha R25 dianggap sebagai euforia masyarakat akan model baru segmen sport 250cc. KompasOtomotif-Donny AprilianandaYamaha R25 dianggap sebagai euforia masyarakat akan model baru segmen sport 250cc.
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Kawasaki boleh jadi khawatir dalam persaingan sepeda motor sport 250cc. Khususnya yang bergaya super sport alias full fairing di Indonesia. Pasalnya, Yamaha mulai menunjukkan taring dengan memulai pemasaran model terbaru, R25, di pasar domestik.

Peringatan ini bukan tanpa sebab, karena baru menjajaki bulan perdana di Indonesia, R25 sudah langsung menempel ketat sang penguasa pasar Ninja 250R. Fakta ini diperlihatkan dari data penjualan wholesale lansiran Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) yang diterima KompasOtomotif, Senin (11/8/2014).

Pada Juli 2014, total penjualan Ninja 250R tercatat 1.724  unit, sedangkan di belakangnya menempel ketat R25 dengan perolehan 1.328 unit. KompasOtomotif sengaja mengategorikan kedua model ini dalam satu kelompok yang sama berdasarkan desain dan spesifikasi mesin yang sama, yakni 250cc, dua silinder.

Sementara, Honda CBR250R yang dibekali spesifikasi mesin sedikit berbeda (satu silinder) hanya terjual 97 unit saja pada bulan ketujuh tahun ini.

Pelayanan
Salah satu kunci sukses Yamaha dalam masuk ke segmen sport 250cc di Indonesia adalah dengan kekuatan jaringan layanan purna jual khusus yang disiapkannya. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah menyiapkan 1.000 lokasi dealer "R-Shop" di seluruh Indonesia.

Dealer bertanda khusus tersebut memiliki spesifikasi standar dalam melayani semua produk R-Series, antara lain R15, R25, R6, sampai R1. Di area Jabodetabek saja, terdapat 92 R-Shop yang sudah beroperasi mulai melayani kebutuhan konsumen. Dengan kenyamanan layanan purna jual yang diperoleh konsumen, jangan kaget kalau jumlah penjualan Ninja 250R akan segera terlampaui.

"Karakter konsumen di segmen ini khusus dan unik. Untuk itu layanan terbaik harus bisa diberikan pada mereka," beber Muhammad Abidin, GM Service dan Motorsport YIMM kepada KompasOtomotif, belum lama ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.