Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha R25 Terus Menggerus Pasar Ninja250R

Kompas.com - 12/08/2014, 08:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Kawasaki boleh jadi khawatir dalam persaingan sepeda motor sport 250cc. Khususnya yang bergaya super sport alias full fairing di Indonesia. Pasalnya, Yamaha mulai menunjukkan taring dengan memulai pemasaran model terbaru, R25, di pasar domestik.

Peringatan ini bukan tanpa sebab, karena baru menjajaki bulan perdana di Indonesia, R25 sudah langsung menempel ketat sang penguasa pasar Ninja 250R. Fakta ini diperlihatkan dari data penjualan wholesale lansiran Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) yang diterima KompasOtomotif, Senin (11/8/2014).

Pada Juli 2014, total penjualan Ninja 250R tercatat 1.724  unit, sedangkan di belakangnya menempel ketat R25 dengan perolehan 1.328 unit. KompasOtomotif sengaja mengategorikan kedua model ini dalam satu kelompok yang sama berdasarkan desain dan spesifikasi mesin yang sama, yakni 250cc, dua silinder.

Sementara, Honda CBR250R yang dibekali spesifikasi mesin sedikit berbeda (satu silinder) hanya terjual 97 unit saja pada bulan ketujuh tahun ini.

Pelayanan
Salah satu kunci sukses Yamaha dalam masuk ke segmen sport 250cc di Indonesia adalah dengan kekuatan jaringan layanan purna jual khusus yang disiapkannya. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah menyiapkan 1.000 lokasi dealer "R-Shop" di seluruh Indonesia.

Dealer bertanda khusus tersebut memiliki spesifikasi standar dalam melayani semua produk R-Series, antara lain R15, R25, R6, sampai R1. Di area Jabodetabek saja, terdapat 92 R-Shop yang sudah beroperasi mulai melayani kebutuhan konsumen. Dengan kenyamanan layanan purna jual yang diperoleh konsumen, jangan kaget kalau jumlah penjualan Ninja 250R akan segera terlampaui.

"Karakter konsumen di segmen ini khusus dan unik. Untuk itu layanan terbaik harus bisa diberikan pada mereka," beber Muhammad Abidin, GM Service dan Motorsport YIMM kepada KompasOtomotif, belum lama ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com