Telat "Recall", Hyundai Didenda Rp 204,5 Miliar

Kompas.com - 09/08/2014, 10:42 WIB
Hyundai Genesis 2009 InautonewsHyundai Genesis 2009
|
EditorAris F. Harvenda
Los Angeles, KompasOtomotif - Lembaga Nasional Administrasi Keselamatan Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat, memberikan sanksi kepada Hyundai terkait masalah kampanye perbaikan massal (recall).

Pabrikan asal Korea Selatan tersebut harus membayar denda 17,35 juta dollar AS (Rp 204,5 milyar), setelah dianggap telat melaporkan adanya masalah sistem pengereman pada Genesis produksi 2009 sampai 2012.

Sedan tersebut mengalami masalah korosi pada rem, karena kebocoran minyak. Hyundai harusnya menarik 43.500 unit yang beredar di AS secara tepat waktu, agar tidak merugikan konsumen.

"Daripada mengeluarkan perintah recall, Hyundai hanya menginstruksikan dealer untuk mengganti minyak rem, tanpa menjelaskan konsekuensi kerusakan. Hyundai juga tidak memberitahu pengguna atas kerusakan ini, meski akhirnya mengeluarkan perintah recall pada Oktober 2013 setelah diperintahkan," tulis NHTSA seperti dilansir Inautonews, Sabtu (9/8/2014).

NHTSA menambahkan, masalah pengereman ini sudah menyebabkan terjadinya enam kasus kecelakaan dengan korban luka-luka. Tapi, dilaporkan tidak ada korban jiwa akibat kecelakaan ini.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber inautonews
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X