Fiat Tolak Tawaran VW untuk Alfa Romeo

Kompas.com - 04/08/2014, 07:40 WIB
|
EditorAris F. Harvenda
Turin, KompasOtomotif - Niatan Volkswagen Group buat menguasai Alfa Romeo yang sudah dicanangkan dalam dua tahun terakhir harus pupus. Fiat sebagai induk perusahaan menyatakan, Alfa Romeo tidak dijual.

VW berencana menguasai Alfa Romeo sebagai penyempurna line-up multi merek yang dimiliki. Pabrikan asal Jerman ini menggaungkan rencana tersebut saat Fiat mengalami masalah keuangan akibat krisis di Italia.

Tapi, dalam rapat luar biasa pemegang saham Fiat Group, yang baru saja meresmikan perusahaan merger Fiat Chrysler Automobiles (FCA) ditegaskan, brand Alfa Romeo dan juga Maserati akan dipertahankan. Bahkan FCA sudah memiliki rencana buat dua merek tersebut untuk kembali kompetitif di segmen mobil mewah.

"Kami tidak dalam bisnis penjualan merek. Alfa Romeo tidak dijiual, tapi ada pilihan untuk membuka aliansi dengan produsen mobil lain," jelas CEO FCA Sergio Marchionne, seperti dilansir Inautonews, Minggu (3/8/2014).

Sebelumnya, ada rumor yang menyebutkan bahwa VW dan Fiat telah memasuki diskusi awal untuk kemungkinan merger. Hanya, VW kemungkinan menolak untuk merger kecuali menguasai penuh kepemilikan.

8 model baru
Fiat sedang sibuk merancang rencana kebangkitan Alfa Romeo. Ada delapan model baru dan ditargetkan penjualan tahunan bisa mencapai angka 400.000 pada 2018. Semua mobil baru itu akan memiliki satu kesamaan, yakni platform baru penggerak roda belakang dan penggerak semua roda.

Secara global, Alfa hanya menjual 74.000 unit kendaraan di tahun lalu. Fiat menilai, memang dibutuhkan banyak model baru bila ingin menggandakan penjualan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber inautonews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.