Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fiat Tolak Tawaran VW untuk Alfa Romeo

Kompas.com - 04/08/2014, 07:40 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Sumber inautonews
Turin, KompasOtomotif - Niatan Volkswagen Group buat menguasai Alfa Romeo yang sudah dicanangkan dalam dua tahun terakhir harus pupus. Fiat sebagai induk perusahaan menyatakan, Alfa Romeo tidak dijual.

VW berencana menguasai Alfa Romeo sebagai penyempurna line-up multi merek yang dimiliki. Pabrikan asal Jerman ini menggaungkan rencana tersebut saat Fiat mengalami masalah keuangan akibat krisis di Italia.

Tapi, dalam rapat luar biasa pemegang saham Fiat Group, yang baru saja meresmikan perusahaan merger Fiat Chrysler Automobiles (FCA) ditegaskan, brand Alfa Romeo dan juga Maserati akan dipertahankan. Bahkan FCA sudah memiliki rencana buat dua merek tersebut untuk kembali kompetitif di segmen mobil mewah.

"Kami tidak dalam bisnis penjualan merek. Alfa Romeo tidak dijiual, tapi ada pilihan untuk membuka aliansi dengan produsen mobil lain," jelas CEO FCA Sergio Marchionne, seperti dilansir Inautonews, Minggu (3/8/2014).

Sebelumnya, ada rumor yang menyebutkan bahwa VW dan Fiat telah memasuki diskusi awal untuk kemungkinan merger. Hanya, VW kemungkinan menolak untuk merger kecuali menguasai penuh kepemilikan.

8 model baru
Fiat sedang sibuk merancang rencana kebangkitan Alfa Romeo. Ada delapan model baru dan ditargetkan penjualan tahunan bisa mencapai angka 400.000 pada 2018. Semua mobil baru itu akan memiliki satu kesamaan, yakni platform baru penggerak roda belakang dan penggerak semua roda.

Secara global, Alfa hanya menjual 74.000 unit kendaraan di tahun lalu. Fiat menilai, memang dibutuhkan banyak model baru bila ingin menggandakan penjualan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber inautonews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com