Begini Cara Mudah Usir Bau Kabin

Kompas.com - 30/07/2014, 10:00 WIB
Kabin kotor dan bekas makanan jadi penyebab utama zigwheelKabin kotor dan bekas makanan jadi penyebab utama
|
EditorAris F. Harvenda
Jakarta, KompasOtomotif - Usai melakukan perjalanan panjang seperti mudik, kabin kendaraan kerap berbau tak sedap. Bau ini bisa muncul akibat sisa makanan atau minuman yang tumpah. Bisa juga asap rokok yang meninggalkan bau di kabin

Bila sudah terlanjur berbau, tapi tak sempat datang ke salon mobil, Anda tak perlu cemas karena ada cara mudah mengusir bau tak sedap tersebut. Perry, pemoles mobil panggilan, berbagi tips mudah agar kabin mobil kembali segar.

Bedak
Ingin bau cepat hilang, copot dan keluarkan jok dari kabin. Hal tersebut mempermudah membersihkan jok dari sisa makanan atau debu yang menempel. Gunakan sikat pakaian, atau lebih mudah dengan alat penyedot (vacuum cleaner). Selanjutnya, taburkan bedak di penampang jok secara merata, dan jemur di terik matahari minimal dua jam.

Setelah itu bersihkan bedak kembali menggunakan sikat atau vacuum cleaner. Tak lupa bersihkan juga sisa bedak yang menempel di jok. Untuk jok yang dilapis kulit atau beludru, bisa menggunakan foam khusus.

Bila repot untuk melepas jok, bisa tetap menggunakan cara di atas namun dengan kondisi jok tetap berada di kabin. Proses menjemurnya dengan cara buka seluruh pintu mobil dan biarkan panas dan sirkulasi udara masuk ke kabin. Pastikan panas benar-benar masuk, agar mendapatkan hasil maksimal.

Karpet
Cara serupa juga bisa dilakukan untuk menghilangkan bau yang berasal dari karpet dasar. Kibas  dulu karpet untuk menghilangkan kotoran dan remah makanan. Lebih mudah bila karpet terbuat dari karet, karena cukup mencuci karpet dengan sabun dan keringkan. Selamat mencoba!



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X