Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modifikasi “Hellaflush” Diklaim Tidak Aman di Kanada

Kompas.com - 27/07/2014, 16:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Quebec, KompasOtomotif – Modifikasi bergaya hellaflush dengan karakter hanya sebagian tapak ban yang memijak aspal, bibir pelek sering “ciuman” dengan fender, dan bodi mobil “merebah” sepanjang jalan, tengah digandrungi di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tapi ada satu negara yang khawatir dan akan melarang aliran ini.

Pihak berwenang di Quebec, Kanada, mengatakan ubahan hellaflush tidak aman, sebab geometri suspensi kendaraan berubah. Ada tiga poin kebiasaan pemodifikasi yang bisa membuatnya berbahaya, pertama suspensi lebih rendah dari normal, kedua menginstal roda lebih besar, dan fender terlalu kecil buat ban. Cara mendapatkan ketiga hal itu dengan menambah sudut negatif chamber secara berlebihan.

Mengubah geometri suspensi berarti mengurangi kemampuan manuver dan keselamatan. Fungsi prima kaki-kaki dibutuhkan sebab Quebec termasuk wilayah bersalju.

Dijelaskan juga, menambah offset pada ban berarti meningkatkan tekanan pada komponen suspensi dan kemudi. Sistem mekanis pada suspensi, kemudi, pengereman, sedikit banyak bergeser dari titik tumpu normal. Tentu akan mengganggu stabilitas sekaligus mempercepat proses keausan.

Di Quebec, kemungkinan besar polisi akan menginspeksi setiap pemilik mobil helllaflush. Dampak buruk lain, pihak asuransi menolak memberikan klaim terkait modifikasi macam ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com